Cara membuat pakan alternatif kelinci dari bahan alami

Saturday, April 18th, 2015 - News, Tips Ternak
Cara membuat pakan alternatif kelinci dari bahan alami

img by @flemishgiantcilacap.wordpress.com

Cara membuat pakan alternatif kelinci dari bahan alami – Salah satu bidang usaha yang menurut saya masih memiliki prospek yang menjanjikan adalah ternak kelinci, mengapa demikian? karena belakangan ini permintaan akan kelinci dibeberapa daerah mengalami peningkatan. Beternak kelinci sendiri dibedakan menjadi 2 kategori yaitu kategori pedaging dan kategori hias, dari kedua kategori tersebut yang menurut saya lebih mudah dalam perawatannya yaitu kategori kelinci pedaging karena tidak diperlukan perawatan khusus untuk membudidayakannya, berbeda dengan kelinci hias yang dalam hal perawatannya harus dilakukan secara khusus dan itu pasti akan membutuhkan biaya tambahan yang akan menambah beban pengeluaran, baca juga artikel tentang cara merawat kelinci hias. Dari kedua kategori tersebut mungkin yang menjadi kendala adalah masalah pakan, seperti yang kita ketahui bahwa makanan favorit kelinci berasal dari rerumputan, sayuran, dedaunan dan yang lainnya namun bagaimana bila makanan tersebut sulit ditemukan misalnya saja saat musim kemarau? solusi untuk mengatasinya bisa dengan membuat pakan alternatif kelinci.

Mungkin dengan membuat pakan alternatif kelinci ini bisa menjadi salah satu solusi keterbatasan pakan namun yang paling dianjurkan sebagai makanan kelinci yaitu makanan yang masih segar yang berasal dari alam seperti rerumputan, sayuran, dedaunan dan yang lainnya, namun dari pakan alami tersebut ada beberapa daun yang menjadi pantangan untuk dimakan untuk kelinci, bila didaerah saya disebut daun mandingan karena bisa membuat kelinci lebih rentan terkena penyakit kulit seperti gudikan, untuk itu kalian harus memperhatikan pakan yang akan diberikan pada kelinci. Untuk pakan alternatif ini sendiri mungkin ada beberapa kendala yang harus kalian hadapi, meski bahan tersebut terbilang alami namun untuk mendapatkannya kalian mungkin harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membelinya selain itu kelinci harus beradaptasi dengan pakan alternatif ini sebab bila biasanya diberikan pakan berupa rerumputan pasti kelinci akan sedikit canggung dalam memakan pakan alternatif tersebut, namun kalian tak usah kawatir sebab adaptasi ini biasanya akan memerlukan waktu beberapa hari saja agar kelinci bisa terbiasa memakannya. Adapun bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat pakan alternatif tersebut antara lain.

Cara membuat pakan alternatif kelinci dari bahan alami

  • Dedak bekatul atau dedak yang halus.
  • Bungkil kelapa.
  • Bungkil kedelai.
  • Tepung mineral.

Bila bahan yang akan digunakan sudah siap sekarang waktunya untuk membuatnya dengan cara:

  1. Untuk takaran 1 kg pakan alternatif dibutuhkan 500 gram dedak, 200 gram bungkil kelapa, 200 gram bungkil kedelai, dan 100 gram tepung mineral.
  2. Bila bahan tersebut sudah didapatkan maka bisa langsung dicampurkan dalam satu wadah dan sedikit ditambah air agar lebih mudah menyatu.
  3. Aduk campuran bahan-bahan tersebut samapi menyatu semua.
  4. Bila bahan tersebut sudah menyatu maka bisa langsung diberikan pada kelinci.

Demikianlah informasi tentang membuat pakan alternatif kelinci, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Cara membuat pakan alternatif kelinci dari bahan alami | Info Peternakan | 4.5