Tips menyimpan kroto supaya awet dan tahan lama

Tips menyimpan kroto supaya awet dan tahan lama

img by @detakjateng.com

Tips menyimpan kroto supaya awet dan tahan lama – Bagi kalian yang hobi dengan burung kicau pasti tidak asing dengan salah satu pakan burung ini, ya kroto merupakan salah satu pakan yang banyak digunakan sebagai pakan tambahan untuk burung kicau karena dinilai memiliki nutrisi yang baik untuk burung. Sekarang ini kroto bisa ditemukan dengan mudah ditoko-toko penjual pakan burung karena memang sudah banyak yang membudidayakannya sehingga kalian tidak usah repot-repot mencarinya sendiri di pohon-pohon, baca juga artikel tentang peluang usaha budidaya kroto menguntungkan. Namun walaupun kalian ingin mencarinya sendiri saya rasa kalian harus bersabar dalam mencarinya karena populasi kroto di alam liar sudah semakin jarang ditemukan sehingga bila kalian ingin dengan mudah mendapatkannya ya dengan membelinya di toko pakan. Bila kalian ingin membelinya ditoko maka bisa membelinya secara secukupnya saja agar kroto tersebut terlihat masih fresh saat diberikan pada burung, namun bila kalian ingin membelinya dalam jumlah yang tidak sedikit maka kalian harus tahu cara menyimpan kroto yang baik agar awet sehingga burung tetap bisa menikmatinya walaupun pakan tersebut sudah tidak baru lagi.

Sebenarnya sebagai penggemar burung seharusnya kalian harus tahu tentang menyimpan kroto dengan baik karena kroto ini merupakan salah satu pakan yang tidak tahan lama bila cuma dibiarkan begitu saja, sehingga dengan cara penyimpanan yang baik diharapkan kroto tersebut bisa awet lama jadi kalian tidak perlu repot kesana kemari untuk membeli kroto yang baru. Biasanya kroto yang didapatkan dari hasil membeli di toko bisa tahan cuma 1 sampai 2 hari saja sehingga ini bisa menjadi suatu kendala bagi kalian yang membutuhkan pakan kroto setiap harinya karena otomatis kalian akan sering membelinya saat stok kroto sudah habis, lalu apakah tips yang bisa dilakukan agar kroto tersebut awet dan tahan lama? bila kalian sudah penasaran maka bisa mengetahuinya dibawah ini.

Tips menyimpan kroto supaya awet dan tahan lama

  • Setelah kalian mendapatkan kroto dari membelinya ditoko maka hal yang bisa kalian lakukan adalah dengan mencucinya terlebih dahulu karena biasanya kroto tersebut terdapat zat yang mungkin bisa merugikan burung yang memakannya namuan bila kalian sudah menganggap kroto tersebut sudah bersih maka tidak perlu untuk mencucinya. Bila sudah selesai dicuci maka hal selanjutnya adalah dengan mengeringkannya didepan kipas angin sampai kering, setelah itu bisa dibungkus dalam wadah dari plastik atau beling yang bersih dan selanjutnya bisa ditaruh pada kulkas dibagian yang suhunya tidak terlalu dingin agar kroto tersebut tidak beku.
  • Yang kedua ini merupakan cara kedua apabila tidak memiliki kulkas maka ini bisa menjadi alternatif yang bisa dilakukan dengan mengangin-anginkan dulu dengan kipas sampai kelembapannya terlihat berkurang, pastikan kroto tersebut jangan terlalu basah ataupun lembab karena itu bisa membuat kroto cepat membusuk sehingga sudah tidak layak bila diberikan pada burung.

Nah mungkin cuma itu beberapa hal yang perlu kalian ketahui dalam menyimpan kroto agar lebih awet, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *