Tips memilih bibit kelinci yang baik dengan mudah

Tips memilih bibit kelinci yang baik dengan mudah

img by @infoagribisnis.com

Tips memilih bibit kelinci yang baik dengan mudah – Apa kabar pengunjung setia blog infopeternakan ini, setelah beberapa minggu saya tidak mengupdate informasi di blog ini maka kali ini saya akan berbagi informasi lagi tentang dunia peternakan, hal yang akan saya ulas kali ini adalah tentang bagaimana memilih bibit kelinci yang baik, perlu kalian ketahui bahwa pembibitan yang baik adalah dasar dalam ternak kelinci karena itu akan berpengaruh terutama untuk usaha peternakan kelinci. Bagi seseorang yang baru mengenal kelinci kebanyakan akan merasa bingung atau belum begitu paham bagaimana kriteria bibitnya yang baik, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulasnya.

Kelinci sendiri dikategorikan ke dalam beberapa kategori, diantaranya kelinci pedaging dan kelinci hias, jadi pemilihan bibit yang unggul tersebut tergantung dari tujuan utama pemeliharaan, dalam memilih bibit kelinci yang baik sebenarnya dapat dilihat dari bentuk tubuhnya karena lewat itulah bibit yang baik dapat dilihat lalu dipilih, bentuk tubuh yang biasanya digunakan sebagai acuan dalam memilih bibit adalah bentuk kepala, kaki, ekor, bulu, dan yang lainnya, untuk lebih lengkapnya bisa kalian lihat dibawah ini.

Bentuk kepala

Kelinci yang unggul itu memiliki bentuk kepala yang sesuai dengan bentuk tubuhnya, magsudnya bila kelinci tersebut memiliki tubuh yang besar maka kepalanya juga harus besar pula, begitu juga dengan kelinci yang memiliki tubuh kecil maka kepalanya juga harus kecil.

Bentuk kaki

Kaki kelinci yang baik itu terlihat kuat, kokoh serta tidak cacat, hal tersebut dapat dilihat dari cara kelinci itu berjalan atau melompat, bila kaki belakangnya akan terangkat bersamaan saat melompat maka kelinci tersebut sehat, lalu saat berbaring kakinya terlihat lurus kearah perut dan tidak melebar ataupun menyamping.

Bentuk badan

Postur tubuh kelinci yang baik akan terlihat agak membulat lalu saat dipegang akan terasa padat.

Bentuk telinga

Bentuk telinga yang baik dapat dilihat dari ukurannya, artinya bentuk keduanya harus sama dan seimbang, selain itu terlihat bersih dan tidak ada cacat pada telinga kelinci tersebut seperti terdapat penyakit gudik dan sejenisnya.

Bentuk mata

Bentuk Mata kelinci yang baik itu terlihat bulat, jernih dan selaput matanya tampak bersih serta tidak berair, bila kelinci matanya terlihat layu, berair dan sipit kemungkinan kelinci tersebut sedang sakit.

Bentuk bulu

Bulu kelinci yang baik itu terlihat bersih, tidak kusam serta halus saat diraba, lalu tidak ada benjolan-benjolan yang terdapat pada tubuhnya.

Bentuk ekor

Ekor kelinci yang baik itu terlihat lurus dan menempel pada punggungnya serta tidak miring kesamping.

Tingkah kelinci

Kelinci yang sehat bertingkah aktif seperti gerakannya yang sangat aktif, energik serta lincah.

Keturunan

Ada baiknya saat akan memilih bibit perlu ditanyakan kepada si pemilik bagaimana garis keturunannya, paling tidak harus tahu bagaimana induk jantan dan betinanya, untuk itu sebaiknya membeli kelinci di tempat peternakannya langsung agar lebih tahu secara persis keturunannya tersebut.

Kesehatan

Dari segi kesehatannya memang sangat harus diperhatikan karena ini akan berlangsung pada kehidupannya, baik itu hidupnya sendiri atau keturunannya, namun kadang seseorang belum tahu kondisi kelinci tersebut, untuk mengetahui kondisi kelinci yang sehat atau tidak bisa dilihat dari hidungnya apakah mengeluarkan air atau berlendir, bila iya maka kemungkinannya kelinci tersebut sedang pilek, lalu cek juga anusnya apabila terdapat kotoran yang menempel maka kemungkinan kelinci tersebut sedang mencret atau diare, selain itu cek juga kukunya apabila terdapat sesuatu seperti ketombe namun tebal kemungkinan kelinci tersebut terkena penyakit scabies.

Demikianlah ulasan mengenai memilih bibit kelinci yang baik, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya yang bisa saya berikan dan saya ucapkan terima kasih karena sudah berkenan mengunjungi blog ini.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *