Tips melatih kucing persia agar jadi penurut

Tips melatih kucing persia agar jadi penurut
Tips melatih kucing persia agar jadi penurut – Dari berbagai jenis kucing hias yang ada, kucing persia merupakan salah satu yang banyak digemari karena bentuk tubuh serta bulunya yang lebat sehingga tampak lebih lucu, banyak dari mereka memelihara kucing persia yang hanya untuk hiburan saja namun tak jarang juga yang memeliharanya dalam jumlah yang banyak mengingat harganya yang lumayan tinggi sehingga bisa dijadikan salah satu usaha yang menguntungkan. Bagi yang sudah lama memelihara kucing persia pasti sudah kaya akan pengalaman bagaimana memeliharanya dengan baik dan salah satu hal yang biasanya perlu dilakukan untuk memelihara kucing persia adalah melatih kucing persia, pelatihan ini biasanya bertujuan untuk membuat kucing tersebut menjadi penurut serta patuh terhadap apa yang diminta oleh pemiliknya.

Dalam hal melatih kucing persia sebenarnya tidak perlu melakukan sesuatu yang rumit karena pada dasarnya untuk menjadikan kucing tersebut menjadi penurut perlu diajarkan sesuatu yang sederhana lalu kemudian akan menjadi kebiasaannya, lalu apa sajakah yang perlu dilakukan untuk membuat kucing persia tersebut menjadi patuh dan penurut? untuk menjawab itu semua kalian bisa melihatnya dibawah ini.

Memberikan makan secara teratur

Memberikannya makanan secara teratur merupakan hal pertama yang perlu dilakukan dan juga jangan sampai kucing tersebut sampai kelaparan karena akan membuatnya semakin liar, pemberian makan secara teratur misalnya saja 3 kali sehari pada waktu pagi, siang dan sore, hal tersebut perlu dilakukan supaya kucing menjadi tergantung pada pemiliknya sehingga membuatnya menjadi patuh dan terbiasa. Kebiasaan ini juga akan membuat kucing tidak mengambil makanan sembarangan sebelum diberikan oleh pemiliknya, berbeda dengan kucing yang sengaja diliarkan, biasanya kucing tersebut akan mengambil makanan secara sembarangan karena tidak dibiasakan diberi makan secara teratur.

Memberikannya minum

Seperti halnya memberikan makanan secara teratur, minuman juga penting diberikan secara teratur, untuk itu didekat makanan yang sudah diberikan bisa disediakan minuman agar kucing tersebut terbisa mencari minum didekat makanan yang disediakan.

Saat membuang kotoran

Sebenarnya kucing merupakan hewan yang bersih dan juga tidak mau membuang kotorannya sembarangan namun kadang kucing juga membuang kotorannya sembarangan apabila dalam keadaan terpaksa, untuk itu sebaiknya disediakan tempat untuk kucing membuang kotoran. Untuk membiasakan kucing mau menempatinya bisa dengan diantarkannya kucing tersebut dipagi dan sore saat akan membuang kotoran secara rutin sampai kucing tersebut menjadi terbiasa membuang kotorannya di tempat tersebut.

Diajak bercanda

Agar kucing tersebut selalu merasa riang maka bisa diajak bercanda, dalam hal ini bisa dilakukan misalnya dengan melemparkan bola kecil atau objek lain yang sekiranya membuat kucing tertarik.

Memperkenalkan lingkungan sekitar

Kucing perlu dibiasakan mengenal lingkungan sekitarnya, hal ini dilakukan agar kucing tidak stres karena mendengar atau melihat hal-hal yang belum mereka tau seperti suara mesin cuci, penghisap debu dan yang lainnya sehingga kucing tersebut akan bisa menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.

Melatih kepercayaan diri kucing

Agar kucing menjadi percaya diri bisa dilakukan beberapa hal agar tidak merasa takut dengan keadaan sekitarnya, misalnya saja kucing tersebut berperilaku liar ingin mengambil sesuatu yang tidak diperbolehkan maka jangan langsung melakukan interaksi misalnya saja memukulnya karena bila itu dilakukan apalagi sering maka akan membuat kepercayaan dirinya menurun, dan sebaiknya hal yang perlu dilakukan dengan memberitahunya dengan nada yang tidak keras misalnya saja “jangan” lalu menjauhkannya dengan cara mengangkatnya secara perlahan dari objek yang ingin diambil. Bila ini dilakukan maka kucing akan menjadi terbiasa dan kepercayaan dirinya tidak menurun.

Demikianlah sedikit tips melatih kucing persia, semoga tips ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dan terim kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *