Teknik budidaya ikan sidat dengan mudah serta menguntungkan

Teknik budidaya ikan sidat dengan mudah serta menguntungkan

img by @jasapenulisartikelmu.com

Teknik budidaya ikan sidat dengan mudah serta menguntungkan – Sidat merupakan salah satu jenis kelompok ikan yang bentuk tubuhnya menyerupai ular dan licinnya seperti belut sawah. Ikan sidat sekarang ini banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun manca negara karena dinilai memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, oleh sebab itulah para orang luar negeri banyak yang berdatangan ke Indonesia untuk mencari bibit sidat untuk budidaya ikan sidat di negara mereka. Sidat memang jenis ikan yang sangat potensial sebab diluar negeri saja harganya sudah sangat mahal, untuk mengantisipasi pencurian bibit sidat pemerintah sudah melarang keras pengambilan bibit sidat namun yang namanya pencurian itu pasti ada banyak sekali akal yang bisa digunakan buktinya walaupun sudah diperingatkan tetapi mereka masih banyak yang melanggarnya.

Karena memiliki prospek yang sangat bagus para masyarakat tidak jarang yang mencoba memulai usaha budidaya ikan sidat, jenis ikan ini berbeda dengan yang lainnya karena memiliki ketahanan hidup yang bisa lebih lama dan kuat sehingga sidat termasuk mudah untuk dibudidayakan. Walaupun tidak terlalu sulit namun kalian juga harus tahu teknik dan cara budidaya yang baik agar usaha ternak ini bisa berjalan dengan lancar, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang teknik membudidayakan ikan sidat dalam kolam terpal, baca juga informasi tentang peluang usaha budidaya belut sawah. Untuk selengkapnya tentang cara pembudidayaannya bisa dilihat dibawah ini.

Teknik budidaya ikan sidat dengan mudah serta menguntungkan

Persiapan kolam terpal dan perawatannya

Untuk proses budidaya ini kalian harus mempersiapkan kolam yang terbuat dari terpal dengan ukuran terserah kalian namun kedalamannya kira-kira 1.5 m, kolam ini bisa digunakan selama kurang lebih 5 tahun tergantung kondisi kolam itu sendiri, apabila ada bagian yang robek ya harus diganti. Untuk perawatan kolam itu sendiri harus dilakukan secara rutin dengan cara dibersihkan karena sisa-sisa makanan tidak bisa diuraikan, berbeda bila dengan kolam di tanah sisa makanan bisa diuraikan, kolam terpal dibersihkan secara rutin paling tidak 10 hari sekali dan apabila sudah menginjak 3 bulan bisa dibersihkan 3 sampai 4 hari sekali sebab kotoran yang dihasilkan akan semakin banyak.

Persiapan bibit ikan sidat

Untuk mendapatkan bibit ikan sidat yang baik biasanya bisa didapatkan dari para pembudidaya sidat, untuk jumlahnya sendiri terserah kalian namun sebaiknya disesuaikan dengan ukuran kolam terpal. Dalam pemilihan bibit sebaiknya pilihlah yang kualitasnya bagus, maksudnya ikan sidat yang dipilih harus sehat, tidak cacat secara fisik karena bisa berpengaruh dalam kedepannya nanti.

Pemberian makan ikan sidat

Untuk mendapatkan hasil panen dari ikan sidat secara maksimal sebaiknya kalian harus memberikan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi minimal 45 %, selain itu pakan yang diberikan harus mengandung karbohidrat dan lemak yang masing-masing minimal 15 % sampai 18 % dan 20%. Bila kalian sudah memberinya pakan dengan kira-kira takaran tersebut pasti ikan sidat yang diternak akan cepat pertumbuhannya dan juga saat memanen akan menghasilkan ikan sidat yang maksimal.

Demikianlah sedikit informasi tentang budidaya ikan sidat, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *