Tata cara mengawinkan hamster yang baik

Tata cara mengkawinkan hamster yang baik

img by @shadedrain.deviantart.com

Tata cara mengawinkan hamster yang baik – Selamat datang di blog InfoPeternakan ini, setelah beberapa waktu lalu saya memberikan informasi tentang melihat ciri-ciri hamster lagi hamil lalu pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara mengawinkan hamster dengan baik, mungkin tips ini akan berguna bagi kalian yang mau mencoba memelihara hamster ataupun bagi kalian yang sudah lama berkecimpung dalam usaha hamster namun belem begitu tahu tentang cara ini. Hamster sendiri termasuk hewan pengerat yang memiliki sistem reproduksi yang bisa dibilang baik karena dalam usia 3 minggu saja hamster sudah siap untuk dibuahi namun itu hanya dalam keadaan tertentu saja. Dalam upaya untuk mengawinkan hamster harus mematuhi aturan-aturan yang ada sebab bila kalian tidak mematuhi aturan itu hamster akan menghasilkan keturunan yang tidak optimal.

Aturan-aturan dalam mengawinkan hamster tersebut misalnya dianjurkan untuk mengawinkan hamster dengan jenis yang sama, hal ini karena jika kalian mengawinkan hamster dengan jenis yang berbeda akan memiliki potensi menghasilkan keturunan yang aneh, selain itu juga bisa memunculkan penyakit jenis baru yang mungkin berbahaya. Sebenarnya bila kalian mau mencoba bereksperimen dengan mengawinkan hamster dengan jenis yang lain boleh saja namun bagi kalian yang baru pemula dalam memelihara hamster sebaiknya kalian mengawinkan hamster dari jenis yang sama terlebih dahulu, nanti apabila kalian sudah memiliki jam terbang yang tinggi bisa melakukan eksperimen tersebut. Untuk cara mengawinkan hamster bisa kalian lihat dibawah ini.

Tata cara mengawinkan hamster yang baik

Sebenarnya untuk mengawinkan hamster bisa dibilang mudah, kalian cuma cukup menyatukan hamster jantan dan betina dalam satu kandang namun kalian harus melihatnya terlebih dahulu sebab tak jarang hamster yang disatukan itu tidak saling cocok malah ada yang sampai saling menyerang, bila terjadi hal tersebut sebaiknya kalian pisahkan selama beberapa saat lalu bila dirasa sudah cukup maka coba kalian satukan lagi, apabila kedua hamster itu masih saling serang itu artinay hamster tersebut tidak cocok dan sebaiknya carikan pasangan yang lain. Selain itu kalian juga harus memperhatikan kondisi kandang, sebisa mungkin buatlah kandang yang nyaman untuk hamster agar proses perkawinannya berjalan lancar dan yang harus kalian perhatikan ialah masalah tata letak kandang, jangan tempatkan kandang ditempat ramai yang sering dilewati oleh orang sebab akan mengganggu konsentrasinya, akan lebih baik lagi bila kandang diletakkan dalam tempat yang gelap.

Selain beberapa hal diatas, kalian juga harus memperhatikan makanannya sebab hamster yang dikawinkan itu tidak boleh sering terganggu jadi kalian bisa memberinya makan dan minum dalam jumlah yang kira-kira dapat memenuhinya dalam beberapa hari. Dari beberapa hal diatas saya kira sudah cukup apa yang harus kalian lakukan namun ada satu hal penting yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu tentang umur hamster yang siap dikawinkan, usia hamster yang baik untuk dikawinkan sebenarnya usia 6 bulan namun tak jarang ada peternak yang sudah mulai mengkawinkan hamster diusia 3 bulan, namun sebaiknya kalian mulai mengkawinkan hamster diusianya yang 6 bulan untuk mengurangi resiko yang akan terjadi.

Bila hal-hal diatas sudah terpenuhi kalian tinggal menunggunya proses perkawinan selama 3 hari lalu setelah itu tunggu lagi beberapa hari kedepan, apabila tidak ada perubahan bentuk tubuh hamster betina maka lakukanlah proses seperti diatas itu lagi karena mungkin perkawinannya itu masih gagal.

Demikianlah informasi tentang cara mengawinkan hamster, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *