Tahukah kamu cara membedakan burung kenari jantan dan betina?

cara mudah membedakan burung kenari jantan dan betina

img by @suarakicauburung.com

Tahukah kamu cara membedakan burung kenari jantan dan betina? – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari oleh para penghobi burung, burung yang berasal dari daratan bagian timur Afrika ini memiliki berbagai keunikan yang membuat para penghobi burung ingin memilikinya. Keunikan yang dimiliki oleh burung ini diantaranya warna bulu dan juga suara berkicaunya yang merdu, untuk warna bulunya sendiri terdapat beberapa corak seperti kuning, biru, putih, coklat, hijau, orange dan masih banyak lagi yang lainnya, dan untuk suaranya burung kenari ini memiliki suara yang merdu , nyaring dan juga kadang-kadang mengkristal. Selain untuk hobi, burung ini juga bisa untuk usaha yang menguntungkan karena harga pasaran burung ini lumayan mahal, dari ratusan sampai jutaan, jadi tak heran banyak masyarakat yang membudidayakannya, kalian juga bisa mencoba usaha budidaya ini namun untuk pemula kendala yang dihadapi ada pada cara mengetahui mana kenari jantan atau kenari betina, biasanya bagi para pemula masih bingung membedakan burung kenari, tapi bila sudah terbiasa dan jam terbang sudah tinggi saya rasa sudah akan terbiasa.

Membedakan burung kenari yang jantan sama betina sebenarnya tidaklah terlalu sulit asalkan kita tahu caranya, dan dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi informasiĀ  cara mudah membedakan kenari jantan dan betina, bila kalian tertarik untuk memelihara burung kenari atau mungkin mau membudidayakannya ini bisa menjadi satu acuan yang bagus untuk menambah wawasan kalian tentang burung kenari, untuk selengkapnya bisa dibaca dibawah ini.

Tahukah kamu cara membedakan burung kenari jantan dan betina?

  • Apabila burung kenari masih kecil dan bulunya belum tumbuh itu akan lebih mudah untuk membedakannya karena akan terlihat begitu jelas bagian kepala kenari jantan berbentuk datar atau lebih pipih dari pada kenari betina yang tampak lebih bulat.
  • Bila di usia 6 sampai 7 hari anak kenari mulai membuka matanya, apabila mata kenari itu sejajar dengan paruhnya kemungkinan besar itu kenari jantan namun apabila mata kenari diatas paruhnya kemungkinan itu kenari betina.
  • Saat anak kenari diberi makan amatilah apabila berdiri lebih tinggi dari yang lainnya dan juga suaranya keras itu kemungkinan kenari jantan namun apabila berdiri tidak terlalu tinggi dan suaranya kecil itu kemungkinan kenari betina.
  • Bila diumur kurang lebih 5 bulan akan nampak tajam warna bulu dekat kepala itu berarti kenari jantan lalu apabila pusat kepala terlihat warna kuning terang itu berarti kemungkinan kenari betina.
  • Dan yang terakhir ini adalah cara membedakan kenari jantan atau betina yang terbilang simpel yaitu dengan melihat bagian anusnya, caranya dengan meniup bagian anus kenari, apabila terlihat lebih menonjol itu berarti kenari jantan jika tidak itu merupakan kenari betina.

Demikianlah sedikit informasi membedakan burung kenari, semoga ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian yang ingin memelihara burung kenari baik itu hobi maupun membudidayakannya, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *