Penyebab serta cara mengatasi bulu hamster yang rontok

Penyebab serta cara mengatasi bulu hamster yang rontok

img by @hamstersurabaya.wordpress.com

Penyebab serta cara mengatasi bulu hamster yang rontok – Hamster merupakan salah satu hewan pengerat yang lucu serta menggemaskan, tidak heran banyak orang yang menyukainya terutama anak-anak. Terkadang hewan lucu ini tidak hanya sebagai hiasan saja karena ternyata hamster ini memiliki peluang usaha menarik untuk diternak, prospek inilah yang membuat para masyarakat banyak yang mencoba menernaknya, bahkan tidak jarang para Mahasiswa banyak juga yang mencoba menernak hewan yang satu ini karena dinilai mudah dalam pemeliharaan dan perawatannya, baca juga artikel tentang makanan yang baik untuk hamster. Namun bagi para pemelihara hamster yang masih pemula terkadang belum begitu tahu apa saja masalah yang bisa terjadi pada hamster menyangkut hal kesehatannya, salah satunya ialah bulu hamster yang rontok, mungkin mereka yang mendapati masalah tersebut akan merasa kebingungan kenapa penyebab kerontokan bulu tersebut.

Ada beberapa penyebab bulu hamster yang rontok, seperti faktor usia, alergi, kekurangan vitamin, serta terserang kutu. dari faktor tersebut kebanyakan yang menjadi penyebab kerontokannya karena usianya yang sudah menua, untuk lebih detailnya bisa kalian baca dibawah ini.

Penyebab serta cara mengatasi bulu hamster yang rontok

Faktor usia hamster

Salah satu penyebab kerontokannya bisa dari umurnya, karena hamster yang sudah tua berumur sekitar 2 tahunan pasti akan mengalami kerontokan bulu, sebenarnya hal ini memang wajar dan juga alami, lalu untuk mengatasinya bisa dengan diberikan asupan vitamin yang seimbang agar bulunya tersebut bisa tumbuh lagi seperti semula.

Faktor alergi

Bila bicara soal alergi pasti akan mengarah pada makanannya, ya makanan hamster bisa menyebabkan alergi pada hamster tertentu, biasanya makanan untuk hamster yang bisa menyebabkan alergi berasal dari serbuk kayu pinus atau cedar.

Faktor kekurangan vitamin

Hamster yang kekurangan akan vitamin jelas akan berdampak pada kesehatannya yang bisa berakibat pada kerontokan bulunya, vitamin yang berperan dalam pembentukan bulunya ialah vitamin E, jadi usahakan hamster kalian terpenuhi akan vitamin tersebut yang bisa kalian dapatkan di apotik, sebaiknya berikan vitamin E dalam bentuk cair dan berikan satu tetes selama 2 hari sekali.

Faktor terjangkit kutu

Bila hamster sampai memiliki kutu pastinya dia akan merasa tidak nyaman yang kemudian merasa gusar dan menggaruk tubuhnya, hal ini pastinya akan menyebabkan bulunya rontok, untuk mengatasinya bisa diberikan obat anti kutu yang diberikan dengan dosis yang sudah ditentukan.

Demikianlah informasi tentang bulu hamster yang rontok, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Comments
  1. van danny

    Emt cari makanan alternatif.yang bahane mudah untuk peternakanl

    • Deniarko

      pakan alternatif untuk hewan apa yang masnya cari?? mungkin kita bisa saling sharing di blog ini. terima kasih sudah berkunjung

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *