Peluang usaha budidaya kerang hijau yang menguntungkan

Cara budidaya kerang hijau yang menguntungkan

img by @metropolitan.inilah.com

Peluang usaha budidaya kerang hijau yang menguntungkan – Karena banyaknya para masyarakat yang suka mengkonsumsi kerang ini maka menjadikannya suatu peluang usaha yang cukup menarik untuk dicoba, kerang ini memiliki daya tarik tersendiri untuk masyarakat karena rasanya yang lesat, disamping itu kerang ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, diantaranya air, protein, lemak, karbohidrat dan abu, nilai gizi yang terkandung dala kerang hijau katanya hampir setara dengan daging sapi, ayam serta telur ayam. Kerang yang berada didalam kedalaman laut antara 1-7 meter bisa ditemui dihampir seluruh wilayah Indonesia khususnya di Pulau Lombok. Indonesia yang merupakan negara kepulauan memang cocok untuk usaha budidaya kerang hijau karena membutuhkan lokasi perairan yang mencukupi.

Hal yang membedakan usaha budidaya kerang hijau ini dengan yang lainnya mungkin dari sisi lokasi yang dibutuhkan untuk membudidayakannya, karena lokasi yang dibutuhkan adalah perairan yang terlindung dari arus kencang dan tidak memiliki kandungan garam yang tinggi, selain itu lokasi yang harus dipersiapkan memiliki dasar perairan yang berlumpur serta berpasir, hal ini dilakukan agar kerang hijau tersebut mendapatkan unsur hara dan zat makanan untuk mendukung proses perkembangbiakannya, baca juga artikel tentang usaha budidaya bekicot. Selain kriteria tersebut, pastikan juga bahwa lokasi yang nantinya akan digunakan terbebas dari limbah beracun seperti tembaga, seng, merkuri, cadmium, timah hitam dan lain sebagainya.

Peluang usaha budidaya kerang hijau yang menguntungkan

Lokasi yang dibutuhkan memang dapat mempengaruhi berhasil tidaknya usaha ini, selain kriteria lokasi yang sudah saya jelaskan diatas juga ada satu lagi pemilihan lokasi budidaya yang baik yaitu dengan menghindari lokasi yang berdekatan dengan sungai, mengapa demikian? hal ini perlu dilakukan karena seperti yang kita tahu bahwa sungai banyak digunakan sebagai tempat untuk membuang limbah seperti detergen, sabun mandi, dan yang lainnya, dari situlah dapat dikatakan bahwa limbah-limbah tersebut dapat memicu berkembangnya berbagai bakteri seperti Echericia coli, Salmonella, Shigella dan yang lainnya. Bakteri yang sudah melekat pada kerang tersebut akan sangat berbahanya bisa tidak dilakukan pembersihan dengan baik dan pada akhirnya akan merugikan bagi yang mengkonsumsinya.

Bagi kalian yang tertarik dengan usaha budidaya ini maka kalian bisa mencobanya, siapa tahu dari niat coba-coba ini malah akan menjadi usaha yang besar, namun kalian juga harus mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk proses budidaya karena seperti yang sudah saya ulas diatas bahwa lokasi yang dipilih akan berpengaruh pada berhasil tidaknya usaha tersebut. Demikianlah informasi tentang usaha budidaya kerang hijau, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *