Peluang usaha budidaya cacing tanah yang menguntungkan

Peluang usaha budidaya cacing tanah yang menguntungkan

img by @teropongbisnis.com

Peluang usaha budidaya cacing tanah yang menguntungkan – Cacing merupakan salah satu binatang yang menurut saya menggelikan, kalau jumlahnya sedikit itu agak mendingan tapi kalau dalam jumlah banyak dan ngumpul jadi satu itu rasanya geli banget dan agak merasa menjijikkan, namun dibalik itu semua ternyata cacing bisa jadi usaha yang menguntungkan yaitu dengan cara membudidayakannya, baca juga cara budidaya cacing sutra. Budidaya cacing tanah ini bisa menjadi alternatif usaha yang bisa dibilang memiliki prospek yang bagus karena cacing merupakan bahan pakan alternatif bagi ternak dan unggas yang saat ini banyak dicari karena memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, kandungan yang terdapat pada cacing tanah antara lain protein 64 sampai 76 %, lemak 7 sampai 10 %, energi 900 sampai 4100 kkal serta masih ada juga mineral dan asam amino.

Peluang usaha budidaya cacing tanah yang menguntungkan

Budidaya cacing tanah memang sudah mulai banyak yang menekuninya karena dinilai bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan, jenis cacing tanah yang menurut beberapa peternak cacing bagus di pasaran adalah jenis Rubellus, menurut mereka jenis ini pangsa pasarnya tidak hanya perusahaan pemroduksi pakan ayam tapi juga farmasi karena jenis cacing ini memiliki unsur untuk dijadikan bahan obat penurun panas. Untuk pangsa luar negri juga banyak yang membutuhkan cacing ini untuk dijadikan bahan obat dan kecantikan, menurut salah satu peternak cacing yang sudah berpengalaman dalam bidang ini menuturkan bahwa saat ini sangat kewalahan untuk memenuhi permintaan pabrik-pabrik lokal yang meminta untuk dipenuhi kebutuhan cacing yang mereka minta. Jadi jika kalian berminat usaha ternak cacing ini tidak usah kawatir untuk memasarkan cacing hasil ternak kalian nantinya, karena masih banyak yang memerlukan akan kebutuhan cacing ini.

Namun dalam Budidaya cacing tanah ini tidak semudah dari apa yang dibayangkan karena pasti ada kendala yang harus dihadapi oleh pembudidaya, kendala yang sering mengganggu para pembudidaya adalah serangan para hama seperti tikus, kadal, katak, ayam dan yang lainnya, tapi bila kalian memang serius dalam usaha ini pasti akan ada banyak jalan untuk mengatasi semua kendala itu.

Demikianlah sedikit informasi tentang Peluang usaha budidaya cacing tanah, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian yang sedang ingin memulai usaha ini, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *