Peluang serta cara budidaya ikan bandeng yang menggiurkan

Peluang serta cara budidaya ikan bandeng yang menggiurkan

img by @budidaya-ikan.com

Peluang serta cara budidaya ikan bandeng yang menggiurkan – Bicara soal ikan pastinya kalian sudah tak asing lagi dengan jenis ikan ini, ya ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang banyak diminati oleh masyarakat karena selain memiliki rasa yang khas, ikan ini katanya juga memiliki berbagai manfaat, baca juga artikel tentang manfaat ikan bandeng untuk kesehatan. Dengan demikian ikan ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga bisa dijadikan salah satu bidang usaha yang menggiurkan, tidak heran jika banyak masyarakat yang menggeluti budidaya ikan bandeng sebab selain permintaan dalam negeri banyak juga permintaan ikan bandeng dari luar negeri dalam bentuk ikan segar ataupun olahan.

Olahan dari ikan bandeng sendiri sudah banyak, salah satu yang mungkin sering kalian dengar adalah bandeng presto khas kota semarang, selain itu masih banyak lagi hasil olahan dari ikan bandeng. Walaupun didaerah tempat tinggal saya termasuk dekat dengan pantai namun masih jarang para pembudidaya ikan bandeng, namun permintaan akan ikan bandeng didaerah saya terbilang besar sebab ikan bandeng merupakan salah satu menu makanan yang tak terlewatkan disuatu acara hajatan. Melihat ini semua tentunya peluang akan budidaya ikan bandeng masih terbuka lebar, bila kalian ingin memulai usaha ini bisa mencobanya dengan langkah-langkah sederhana dibawah ini.

Peluang serta cara budidaya ikan bandeng yang menggiurkan

Pertama yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini ialah kolam untuk tempat budidaya, bila kalian sudah mempersiapkan kolam selanjutnya kalian harus mencari indukan ikan bandeng yang sehat, indukan ini nantinya digunakan untuk mendapatkan bibit ikan bandeng, bila langkah mencari indukan untuk mendapatkan bibit ini dirasa cukup menyita waktu kalian bisa langsung membeli bibit ikan bandeng sebab sekarang sudah banyak bibit ikan bandeng yang dijual oleh para peternak yang fokus dalam pembenihan ikan bandeng, setelah bibitnya sudah didapatkan, sekarang waktunya untuk melakukan proses pembesaran ikan bandeng.

Untuk melakukan proses pembesaran ikan bandeng sebenarnya sama dengan proses pembesaran ikan lain, seperti memberikan pakan secara rutin, mencari pakan untuk ikan bandeng inipun tidaklah sulit karena pakan yang digunakan biasanya pelet yang bisa didapatkan di toko pakan ikan. Selain pakan pelet, bandeng juga suka memakan planton serta lumut yang ada dalam kolam sehingga kolam mungkin juga bisa dilakukan perawatan untuk menghasilkan planton sebagai pakan alami ikan bandeng.

Nah itulah beberapa informasi sederhana teknik budidaya ikan bandeng, mungkin artikel ini belum sempurna namun saya tetap berharap artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *