Peluang serta cara budidaya cacing sutra yang menguntungkan

Peluang serta cara budidaya cacing sutra yang menguntungkan

img by @cara.media

Peluang serta cara budidaya cacing sutra yang menguntungkan – Apabila bicara soal peluang usaha pasti tidak akan ada habisnya karena banyak sekali peluang usaha yang bisa dicoba untuk menghasilkan keuntungan tentunya, salah satu usaha yang banyak digeluti oleh masyarakat ialah usaha ternak, namun karena sudah semakin menjamurnya para peternak dengan berbagai usahanya membuat kita yang mau mencobanya merasa pesimis karena mungkin sudah banyak yang menekuninya tetapi bila kalian memang serius ingin memulai usaha yang tidak jauh dari dunia budidaya ada satu peluang usaha budidaya yang belum banyak yang menekuninya yaitu budidaya cacing sutra, usaha ini dinilai belum banyak yang menekuninya jadi kalian bisa sedikit lega karena persaingannya sedikit.

Prospek akan budidaya cacing sutra menurut saya sangat menjanjikan karena selain belum banyak yang menekuninya hasil dari budidaya ini yaitu cacing banyak yang membutuhkan terutama oleh para peternak ikan karena cacing ini merupakan sumber makanan bagi ternak ikan mereka terutama untuk benih ikan yang masih kecil karena dinilai baik untuk proses pertumbuhan mereka seperti ikan lele, gurame, bawal, nila, tombro dan lain sebagainya, baca juga peluang usaha ternak cacing tanah. Perlu diketahui bahwa cacing sutra merupakan cacing yang bisa hidup di air yang phnya redah seperti comberan, sungai dan lain sebagainya jadi bisa dikatakan tidak terlalu sulit untuk membudidayakannya.

Bagi kalian yang ingin memulai usaha budidaya cacing sutra ini akan saya berikan sedikit informasi mulai dari persiapan awal sampai masa panennya karena permintaan akan cacing sura ini sangat banyak namun idak diimbangi dengan persediaan cacing sebab cacing hasil penangkapan dialam kadang idak mencukupi permintaan, bila kalian yang berminat silahkan baca-baca langkah dibawah ini.

Peluang serta cara budidaya cacing sutra yang menguntungkan

Persiapan Kolam

Untuk persiapan tempat budidaya, usahakan cari yang kondisinya tidak terlalu panas dan jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung karena kebutuhan akan sinar matahari oleh cacing sutra hanya sekitar 30 % saja, setelah mendapatkan empat yang pas lalu buatlah seperti berikut

  • Galilah tanah setinggi 50 sampai 100 cm.
  • Lalu pasangi dengan terpal ukuran 50 sampai 100 cm dengan panjang 5 sampai 15 m.
  • Setelah itu pasang platek atau penyanggah plasik.

Persiapan Media

Merpersiapkan media dengan baik merupakan hal yang penting untuk menunjang keberhasilan budidaya, hal-hal yang harus dipersiapkan dalam medianya adalah sebagai berikut

  • Kotoran ternak bisa ayam, kambing, sapi
  • Pospat
  • Kapur
  • Formula
  • Vitamin tetes tebu

Semua bahan tersebut lalu di fragmentasi supaya menjadi lumpur lalu rendam selama 4 hari kemudian airnya dibuang lalu diisi dengan air bersih setinggi 5 cm dan biarkan lagi selama 10 hari lalu buang lagi airnya dan benih siap ditebarkan.

Perawatan

Untuk perawatannya hanya perlu air dengan sirkulasi yang baik dan pakan diantaranya

  • Ampas tahu
  • Telur
  • Bekatul
  • Tetes tebu

Masa panen

Dalam proses pemanenan ini dilakukan beberapa minggu setelah benih ditebar dan selanjutnya bisa dipanen 2 minggu sekali, untuk cara pemanenannya sendiri hanya perlu mempersiapkan serik yang halus kemudian masukkan dalam ember yang berisi air dan tunggu selama 6 jam lalu cacing akan bergerombol dalam ember.

Demikianlah sedikit informasi tentang peluang usaha cacing sutra, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Comments
  1. ajroil

    mas saya sudah baca postingan anda, terima kasih atas panduan cacing sutranya, tapi saya mau nanya tentang masalah pakan untuk cacing sutra, yang ke 1, dari ke 4 bahan pakan cacing sutra tersebur bagaimana cara pemberian pakannya dicampur atau ada cara lain, ke 2, berapa hari sekali untuk pemberian pakan. tks. ditunggu jawababnya ya….

    • Deniarko

      Terima kasih atas kunjungannya, untuk jawaban yang pertama yaitu semua bahan memang dicampur dengan prakiraan takaran untuk ukuran kolam ukuran 1x15m : ampas tahu secukupnya atau bisa juga dengan 4 kotak tahu, bekatul 2kg, telur 2 butir, tetes tebu 2 tutup, dengan takaran ini bisa untuk 3 hari jadi bisa dibuat 3 hari sekali.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *