Mengobati penyakit berak kapur ayam secara alami

Mengobati penyakit berak kapur ayam secara alami
Mengobati penyakit berak kapur ayam secara alami – Bagi kalian yang suka memelihara ayam pasti pernah mendapati ayam kalian terkena penyakit ini namun mungkin ada dari kalian belum tahu tentang penyakit yang sering menyerang ayam ini, ya berak kapur, berak putih atau pullorum merupakan salah satu penyakit yang menyerang ayam yang disebabkan oleh bakteri salmonellosis pullorum sehingga terjadilah infeksi atau peradangan pada saluran pencernaan ayam dan akhirnya menimbulkan diare. Banyak penyebab dari terkenanya penyakit ini seperti faktor cuaca yang kurang baik, kotoran yang jarang dibersihkan pada area kandang.

Bila ayam kalian terserang penyakit ini maka sebaiknya sesegeralah melakukan penanganan karena penyakit ini termasuk penyakit menular pada ayam sehingga bila tidak segera melakukan tindakan dikawatirkan akan menular pada ayam lain baik itu ayam dewasa ataupun anakan ayam. Untuk anakannya sendiri biasanya akan menyerang anakan pada umur 0 sampai 2 minggu, bahaya dari penyakit ini adalah kematian karena tak jarang ayam yang sudah terkena penyakit ini akan mati dalam tempo waktu yang sangat cepat, bila kalian belum mengetahui tentang penyakit ini maka bisa melihat ciri-ciri ayam yang terkena penyakit berak kapur dibawah ini.

  1. Kotoran ayam yang dikeluarkan terlihat encer dan berwarna putih serta ada juga yang berwarna hijau.
  2. Tubuhnya nampak merunduk serta sayapnya terlihat terkulai lemas.
  3. Jenggernya mulai terlihat berwarna keabuan.
  4. Matanya sering menutup dan terlihat layu.
  5. Terjadi kelumpuhan pada kakinya sehingga susah bediri atau berjalan.

Bila ayam kalian terlihat seperti ciri-ciri diatas maka ada kemungkinan ayam tersebut terserang penyakit berak putih, untuk itu segeralah ditangani dengan diberikannya obat, nah obat yang bisa diberikan adalah bawang putih, ini merupakan obat alami atau tradisional sebagai antibiotik untuk membasmi bakteri yang terdapat pada saluran pencernaan. Untuk pemberiannya sendiri terbilang mudah, cukup siapkan bawang putih secukupnya lalu diiris kecil-kecil kemudian diberikan pada ayam yang terkena penyakit ini pada waktu pagi dan sore hari atau tergantung seberapa parah penyakit tersebut. Selain untuk obat, bawang putih juga bisa digunakan sebagai pencegah, jadi untuk mengantisipasi ayam kalian terserang penyakit bisa diberikan bawang putih ini.

Demikianlah informasi ini, semoga ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semuanya tentunya, sekian dari saya dan terima kasih.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *