Mengobati ayam ngorok dengan obat alami

Mengobati ayam ngorok dengan obat alami
Mengobati ayam ngorok dengan obat alami – Ada banyak penyakit yang sering ditemui pada ayam, salah satunya adalah penyakit ngorok atau bahasa ilmiahnya CRD (Chronic Respiratory Disease). Penyakit ini sering menjadi keluhan para penghobi ayam dikarenakan penyakit ini dapat menular ke ayam lain sehingga apabila tidak segera diatasi akan berdampak buruk bagi ayam lainnya. Penyakit ini sering menyerang ayam karena beberapa faktor seperti kondisi lingkungan dan perubahan cuaca, selain itu untuk ayam aduan biasanya kurang bersihnya saat membersihkan air liur sehabis diadu sehingga air liur tersebut menyumbat pernafasan dan akhirnya terjadilah ngorok.

Penularan penyakit ini terhadap ayam lain terjadi melalui makanan, minuman, lingkungan yang kotor, makanan atau minuman yang tercemar kotoran ayam yang sedang sakit, udara dan yang lainnya. Gejala yang timbul akibat penyakit ini adalah timbulnya bersin atau batuk, susah bernafas, berbunyi ngorok, apabila ayam sudah terlihat tanda-tanda seperti itu maka sesegeralah di karantina atau dipisahkan dengan ayam lain lalu melakukan tindakan agar penyakit itu semakin tidak parah dan tidak menular ke ayam lain. Untuk mengobati ayam ngoorok  sebenarnya ada beberapa cara yaitu dengan obat pabrikan yang dapat diperoleh ditoko ternak atau menggunakan obat tradisional alami, namun pada kesempatan kali ini yang akan saya ulas adalah dengan obat alami karena dengan menggunakan obat alami ini kecil kemungkinan ayam akan terkena efek samping, lain halnya apabila menggunakan obat ilmiah, untuk tipsnya bisa dilihat dibawah ini.

Menggunakan jeruk nipis dan kecap manis

Caranya adalah jeruk nipis diperas airnya sebanyak 1 sendok teh, kemudian ditambah kecap manis secukupnya saja lalu langsung diminumkan ke ayam yang terserang penyakit ngorok, berikan obat ini pada waktu pagi hari dan diberikan ulang selama 2 sampai 3 hari atau sampai sembuh.

Menggunakan blimbing wuluh

Caranya adalah ayam yang terserang penyakit tersebut dikoroki dengan air hangat sampai benar-benar bersih, kemudian ambil blimbing wuluh sebanyak 1 buah lalu sedikit di pencet dan langsung diberikan ke ayam. Berikan blimbing ini pada waktu pagi hari dan diberikan ulang selama 2 sampai 3 hari atau sampai sembuh.

Menggunakan buah mengkudu atau pace yang sudah matang

Caranya adalah mengkudu yang sudah disiapkan diiris seukuran jari lalu dilolohkan pada ayam yang terjangkit penyakit ini. Pemberian dilakukan sehari sekali saja di pagi atau sore hari, dan sebelum ayam tersebut diberikan makan.

Demikianlah informasi tentang mengobati ayam ngorok, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *