Menggemukkan sapi dengan pakan alternatif yang ekonomis

Menggemukkan sapi dengan pakan alternatif yang ekonomis
Menggemukkan sapi dengan pakan alternatif yang ekonomis – Salah satu bidang usaha yang banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia adalah peternakan, dalam hal ini usaha peternakan yang dinilai memiliki prospek penghasilan yang menjanjikan ialah ternak sapi potong, kenapa demikian? sebab permintaan akan daging sapi selalu mengalami peningkatan yang tidak diimbangi dengan pasokan yang memadahi, pemasokan yang telat itu terjadi karena berbagai hal salah satunya karena ketersediaan akan sapi potong yang mengalami penurunan, penurunan akan ketersediaan sapi ini terjadi karena berbagai sebab salah satunya keterbatasan pakan dalam lapangan yang menjadikan para peternak sapi menjadi kerepotan akan hal itu, sebenarnya masih ada solusi untuk mengatasi keterbatasan pakan tersebut salah satunya dengan membuat pakan alternatif sapi.

Mungkin solusi untuk mengatasi keterbatasan pakan dengan membuat pakan alternatif sapi ini belum sepenuhnya mampu mengatasi kendala yang ada, namun paling tidak langkah ini sedikit bisa membantu problema yang terjadi. Biasanya agar pertambahan berat badan sapi dapat memenuhi target yang ditentukan bisa dengan memperhatikan dengan sebaik mungkin manajemen penggemukan sapi potong secara menyeluruh seperti sistem perkandangan, perawatan, pencegahan penyakit dan manajemen pakan yang baik, baca juga artikel tentang jenis sapi ongole. Dalam hal untuk memanajemen pakan dengan baik bisa diberikan pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti konsentrat, para peternak biasanya menggunakan konsentrat dengan bahan dedak, bungkil kelapa, mineral, tepung tulang, garam namun bahan-bahan tersebut harganya kadang mengalami peningkatan sehingga solusi yang bisa dilakukan yan dengan pakan alternatif tersebut, sebagai pengganti konsentrat pakan alternatif yang bisa digunakan yaitu berasal dari bahan batang rumbia atau sagu rumbia karena harganya yang lebih murah ketimbang campuran konsentrat tersebut.

Menggemukkan sapi dengan pakan alternatif yang ekonomis

Kandungan yang terdapat dalam batang rumbia ini dinilai jauh lebih baik dari kandungan dedak atau bekatul karena didalamnya terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi, penggunaan batang rumbia sebagai pakan alternatif ini sudah banyak dicoba oleh para peternak yang didaerahnya terdapat banyak pohon rumbia dan ternyata hasil dari pemberian pakan ini tidak kalah dengan pemberian pakan dengan konsentrat. Bila didaerah kalian mudah mendapatkan batang rumbia bisa mencoba membuatnya menjadi pakan alternatif untuk sapi potong, berikut merupakan cara pengolahan batang rumbia sebagai pengganti konsentrat sapi.

  • Carilah batang rumbia yang akan dijadikan sebagai pakan alternatif.
  • Bila sudah didapatkan lalu kupaslah kulit dari batang tersebut.
  • Bila sudah dikelupas lalu batang rumbia tersebut bisa di hancurkan menjadi bagian-bagian keci sebesar kira-kira ½ cm atau bisa lebih kecil lagi.
  • Setelah batang tersebut dihancurkan lalu bisa direndam dengan air selama sehari.
  • Apabila sudah sehari maka hasil rendaman batang rumbia tersebut bisa diberikan pada ternak sapi.

Demikianlah sedikit informasi tentang membuat pakan alternatif sapi, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *