Mengetahui Penyakit yang sering menyerang Itik serta pengobatannya

Mengetahui Penyakit yang sering menyerang Itik serta pengobatannya

img by @gemawirausaha.blogspot.com

Mengetahui Penyakit yang sering menyerang Itik serta pengobatannya – Itik atau Bebek merupakan salah satu unggas yang sebenarnya tahan terhadap penyakit jika dibandingkan dengan unggas yang lain katakanlah ayam sehingga banyak orang yang ingin memulai usaha ini baik itu penetasan maupun pembesaran. Usaha beternak itik ini banyak sekali yang sudah memulainya didaerah saya tapi kebanyakan dari mereka beternak itik yang sudah dewasa untuk kemudian diambil telurnya dan kebanyakan dari mereka berhasil untuk usaha ini namun yang namanya makhluk hidup itu tidak dari kesehatan begitu juga dengan itik walaupun dibilang tahan penyakitlah, kebal penyakitlah atau apa tapi juga pasti ada saja penyakit yang bisa menyerang, dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi beberapa penyakit pada itik .

Mengetahui Penyakit yang sering menyerang Itik serta pengobatannya

  • Avian Influenza (AI)

Ini merupakan sebuah penyakit pada itik  yang disebabkan oleh virus, tanda-tanda apabila itik terserang penyakit ini ialah keluar air mata, bersin-bersin, keluar cairan dari hidung, pembengkakan mucus yang menyebabkan kotoran pada mata. Perlu diketahui bahwa penyakit ini bisa menular ke ternak lain jadi segeralah lakukan langkah cepat sebelum penyakit ini menyebar karena penyakit ini tidak ada pengobatannya, sebenarnya di pasaran sudah banyak vaksin untuk penyakit ini namun untuk keefektivitasan vaksin ini masih diteliti.

  • Duck Cholera

Ini merupakan penyakit pada itik yang menjadi momok bagi para peternak itik karena bisa menyebabkan presentase kematian yang tinggi, biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pasteurella multocida yang sering menyerang anakan itik berumur 4 minggu keatas, gejala dari penyakit ini ialah diare dan dibarengi dengan sesak nafas, bila sudah terjangkit penyakit ini bisa diobati dengan diberikan Preparat sulfa dan antibiotik.

  • Salmonellosis

Apabila itik sudah terserang penyakit ini akan terlihat tidak bergairah, dehidrasi, diare, keseimbangan menurun, kepala gemetar dan ditaruh dipunggungnya, penyakit ini biasanya disebabkan oleh beberapa tipe salmonella. Itik yang sudah pernah terkena penyakit ini pertumbuhannya akan lambat karena usus-ususnya sudah terluka. Dan perlu diketahui bahwa walaupun itik yang pernah terserang penyakit ini sudah sembuh tapi ada kemungkinan bisa membawa wabah penyakit ini pada itik yang lain melalui kotorannya. Penanganan apabila itik terkena penyakit ini bisa diberi antibiotik.

Demikianlah sedikit informasi tentang penyakit yang sering menyerang itik, semoga ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *