Mengenal rumput odot sebagai pakan ternak

Mengenal rumput odot sebagai pakan kelinci

img by @asjarisarbani.blogspot.com

Mengenal rumput odot sebagai pakan ternak – Rumput merupakan salah satu pakan ternak yang banyak dicari oleh peternak untuk menghidupi ternak mereka, hewan ternak yang biasanya dikasih pakan rumput diantaranya kambing, sapi, kerbau, kelinci dan yang lainnya. Jenis dari rumput pun ada bermacam-macam, salah satu yang populer dikalangan peternak akhir-akhir ini adalah rumput odot, mungkin ada dari kalian yang sudah mengenal jenis rumput ini atau mungkin ada juga sebagian dari kalian yang belum mengenal jenis rumput ini, untuk itu dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang jenis rumput ini.

Rumput odot akhir-akhir ini banyak dibudidayakan oleh peternak terutama para peternak kambing dan juga domba karena bila hewan ternak diberi makan rumput ini akan lahap sekali saat memakannya sehingga hewan ternak tersebut pasti akan cepat gemuk, baca juga artikel tentang cara memerah susu kambing. Rumput ini sebenarnya salah satu varietas dari rumput gajah namun yang membedakan ialah tingginya karena tinggi maksimalnya hanya 1,5 sampai 2 meter, menurut beberapa informasi yang saya dapat rumput ini pertama kali dikembangkan oleh seseorang yang bernama Pak Odot, dari situlah mungkin dinamakan rumput odot, bibit rumput ini katanya pertama kali diperoleh dari saudaranya yang pulang dari bekerja sebagai TKI di Kanada, saudaranya tersebut membawa 3 ruas bibit rumput tersebut lalu bibit tersebut ditanam dalam pot, setelah tumbuh beberapa ruas rumput itu lalu dikembangkan secara lebih luas dikebunnya, sehabis itu diuji cobakan kepada kambing dan ternyata kambing tersebut sangat menyukainya, dari situlah kemudian rumput ini terus berkembang sampai ke beberapa daerah.

Mengenal rumput odot sebagai pakan ternak

Menurut beberapa informasi bahwa rumput odot ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak ketimbang rumput gajah, rumput ini memiliki protein kasar yang bisa mencapai 12 sampai 14% bahkan ada yang sampai 17%. Rumput ini bisa dipanen antara 30 sampai 40 hari apabila dilakukan perawatan dan diberi pupuk secara baik. Oleh karena itu rumput ini bisa menjadi pakan alternatif untuk ternak kalian karena kandungan nutrisinya yang tinggi sehingga menjadikan hewan ternak tersebut bisa tumbuh menjadi lebih cepat, untuk mendapatkan bibitnya sendiri kalian bisa mencarinya di Internet karena sekarang sudah banyak orang yang menjual bibit rumput odot dalam bentuk ruas batang.

Demikianlah sedikit informasi tentang rumput odot, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *