Mengenal lebih jauh tentang jenis burung cucak ijo

Mengenal lebih jauh tentang jenis burung cucak ijo

img by @stpb-ponorogo.com

Mengenal lebih jauh tentang jenis burung cucak ijo – Selamat datang di blog InfoPeternakan ini, setelah beberapa waktu lalu saya memberikan informasi tentang burung jalak suren lalu pada kesempatan kali ini saya juga akan memberikan informasi seputar burung kicau namun burung yang akan sedikit saya ulas ialah burung cucak ijo. Burung ini merupakan salah satu burung kicau yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena memiliki warna bulu yang khas, warna bulu dari burung ini didominasi oleh warna hijau. Burung ini hidupnya berkelompok dan biasanya sering dijumpai di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Bali.

Mengenal lebih jauh tentang jenis burung cucak ijo

Salah satu yang memikat masyarakat untuk memiliki burung ini ialah suaranya yang merdu, selain itu burung ini juga dapat menirukan berbagai suara dari jenis burung yang lain sehingga banyak penghobi yang memasternya dengan suara burung lain untuk diikutkan dalam perlombaan. Hal yang menarik dari burung cucak ijo ialah sangat mudah untuk dijinakkan sehingga bisa cepat akrab dengan manusia, untuk makanannya sendiri burung ini menyukai makanan seperti jangkrik, kroto, ulat dan juga buah-buahan sebagai makanan yang utama. Cucak ijo sendiri memiliki beberapa jenis, ada yang menyebutnya cipoh atau cipo yang kemudian terbagi lagi menjadi cipoh jantung dan cipoh kucat, jenis lain dari burung ini ialah cica daun kecil dan cica daun besar atau yang umum dikenal oleh masyarakat adalah cucak ijo.

Burung cucak ijo ini jarang sekali stres dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru namun bila sedang istirahat atau tidur jangan sesekali mengagetkannya karena bisa berakibat pada stres dan hal yang buruk bisa terjadi kematian. Selain tidak mudah stres burung ini juga rajin dalam hal berkicau sehingga akan terlihat ramai bila kalian memeliharanya, untuk suaranya sendiri antara cucak ijo jantan dan betina sebenarnya tidak beda jauh karena memiliki suara yang keras namun dalam hal fighting yang jantan akan lebih agresif bila dipertemukan dengan jantan yang lain. Ada lagi yang perlu kalian tahu tentang burung ini yaitu soal membedakan yang jantan dan yang betina, sebenarnya untuk membedakannya tidaklah terlalu sulit karena kalian cuma harus memperhatikan warna bulu pada lehernya, untuk yang jantan terdapat bulu hitam yang melingkar seperti kalung dibagian leher atau dibawah paruh, sedangkan yang betina hanya terlihat warna kuning tipis dilehernya dan juaga tidak ada warna hitamnya.

Demikianlah informasi tentang jenis burung cucak ijo, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan saya ucapkan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *