Mengenal jenis ulat sutra sebagi penghasil benang sutra

Mengenal jenis ulat sutra sebagi penghasil benang sutra

img by @soscilla.blogspot.com

Mengenal jenis ulat sutra sebagi penghasil benang sutra – Seperti yang kita semua tahu bahwa ulat sutra merupakan penghasil benang atau serat sutra yang halus, sudah sejak lama banyak masyarakat yang memilih untuk membudidayakannya karena selain dapat menghasilkan serat yang bermutu tinggi serat sutra juga memiliki harga jual yang lumayan tinggi. Ada beberapa jenis ulat sutra yang banyak dipelihara untuk menghasilkan serat namun yang paling banyak dipelihara adalah jenis Bombyk mori karena hasil seratnya bisa dibilang bagus dan makanan untuk jenis ulat ini ialah daun murbei atau Morus sp, daun ini merupakan makanan utama sebab didalam daun ini terdapat kandungan zat perangsang berupa glukosida jadi ulat sutra tidak suka dedaunan yang lain sebab didedaunan yang lain tidak terdapat zat ini.

Mengenal jenis ulat sutra sebagi penghasil benang sutra

Ulat sutra sendiri dibedakan menjadi dua kelompok berdasakan kebiasaan hidupnya yaitu :

  • Ulat sutra liar ialah kelompok ulat yang biasa hidup dibeberapa pohon dalam alam bebas.
  • Ulat sutra yang dibudidaya yaitu kelompok ulat sutra yang hidupnya berada diruangan serta dapat menghasilkan serat yang nantinya akan dibuat kain sutra.

Dari kelompok ulat sutra diatas terdapat beberapa jenis ulat sutra liar yang sudah mendunia yaitu,

  • ¬†Philosamia ricini Hutt atau ulat sutra eri merupakan penghasil sutra yang di India disebut ulat eri, makanan untu jenis ini adalah daun jarak.
  • Anthereae pernyi guerin atau ulat sutra tasar Cina yang menghasilkan sutra yang disebut sutera tasar, makanan untuk jenis ini adalah daun quercus.
  • Anthereae yamami guerin atau ulat sutra tasar jepang sebagai penghasil sutra tasar untuk makanannya sendiri biasanya sering diberi daun Alianthus sp.
  • Anthereae mylitta drury atau ulat sutra India merupakan penghasil sutra tasar untuk makanannya biasa diberi daun ketapang, meranti dan bungur.

Demikianlah beberapa informasi mengenai jenis ulat sutra yang bisa menghasilkan serat atau benang sutra, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari informasi tentang ulat sutra sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *