Mengenal jenis kelinci rex beserta ciri-cirinya

Mengenal jenis kelinci rex beserta ciri cirinya

img by @ternakduitdarikelinci.blogspot.com

Mengenal jenis kelinci rex beserta ciri-cirinya – Kelinci merupakan hewan yang lucu karena bentuk tubuhnya yang dilapisi bulu-bulu halus, berbeda dengan jenis kelinci lainnya seperti kelinci anggora yang bulunya lebat dan kelinci fuzzy yang telinganya terkulai namun jenis kelinci rex ini memiliki bulu yang pendek namun halus, jadi apabila dipegang akan terasa kehalusannya. Bulu halusnya itu memiliki ketebalan sekitar 1.3 sampai 2.2 cm. Kelinci yang pertama kali di kenalkan oleh petani di Perancis sekitar tahun 1919 lalu mulai dikembangkan sekitar tahun 1924 di Paris, Perancis.

Selain bulunya yang halus ternyata jenis kelinci rex memiliki keunikan yang lainnya yaitu bulu kumis yang keriting, bila kalian memiliki kelinci rex cobalah lihat apakah benar kumisnya itu keriting karena hanya jenis ini yang memiliki kumis keriting berbeda dengan jenis lainnya yang kumisnya cenderung lurus. Dalam hal warna bulu sendiri kelinci rex memliki 4 kategori warna yaitu solid, broken, otter dan agouti namun untuk di Indonesia sendiri warna bulunya kebanyakan bermotif totol, harlequin, dan juga tricolor atau putih.

Dalam hal pembudidayaannya sendiri jenis kelinci rex ini biasanya banyak dimanfaatkan oleh para peternak untuk diambil bulu serta dagingnya, karena bulunya yang terlihat tebal jadi banyak digunakan untuk membuat produk seperti jaket sedangkan dagingnya biasanya disetorkan pada pemilik usaha dengan bahan daging kelinci seperti sate kelinci, tongseng kelinci, gulai kelinci dan masih banyak lagi. Untuk itu bagi kalian yang mungkin belum memiliki usaha sampingan bisa mencoba untuk ternak kelinci karena perawatannya yang bisa dibilang tidak terlalu sulit dan omsetnya yang menguntungkan. Bila kalian ingin mencobanya harus mengetahui beberapa hal tentang kelinci rex seperti ciri-cirinya, adapun cirinya sebagai berikut.

Mengenal jenis kelinci rex beserta ciri-cirinya

  • Mempunyai bulu yang tidak panjang antara 1.3 sampai 2.2 cm yang teksturnya padat, halus dan juga halus.
  • Bobot untuk kelinci rex jantan dewasa bisa mencapai 5 kg namun untuk yang betina bobotnya bisa mencapai 5 kg lebih.
  • Bila dilihat area kepalanya akan terlihat lebih besar dari pada jenis kelinci yang lainnya.
  • Telinga dari jenis ini terlihat tegak dan tidak terkulai seperti kelinci fuzzy yang kupingnya terkulai.

Demikianlah beberapa informasi tentang kelinci rex, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dan terima kasih.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *