Mengenal jenis kambing saanen beserta cirinya

Mengenal jenis kambing saanen beserta cirinya

img by @cintakambing.wordpress.com

Mengenal jenis kambing saanen beserta cirinya – Jenis kambing digolongkan menjadi beberapa kategori, diantaranya kategori pedaging dan kategori penghasil susu, untuk kategori yang disebutkan terakhir itu mungkin tidak semua masyarakat tahu sebab jenis kambing penghasil susu jarang yang diumbar atau diliarkan, kebanyakan mereka diternak dan ditempatkan dalam kandang yang memang selalu terjaga dari segi kebersihannya agar susu yang dihasilkan bisa steril, baca juga artikel tentang jenis kambing jawa randu. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis kambing penghasil susu namun yang mungkin sering kalian dengar ialah kambing etawa, kambing ini memang bisa menghasilkan susu yang lumayan banyak ketimbang jenis kambing perah lainnya namun ada juga jenis kambing perah yang juga bisa menghasilkan susu yang jumlahnya tidak kalah dari kambing etawa yaitu jenis kambing saanen.

Bagi sebagian orang atau mungkin malah kebanyakan orang masih belum pada tahu tentang jenis kambing saanen karena memang jenis kambing ini berasal dari lembah Saanen, Swiss. Dari namanya saja sudah kita ketahui bahwa nama kambing tersebut diambil dari kata lembah saanen yang memang berasal dari sana, saat ini penyebaran dari jenis kambing ini sudah mencapai diberbagai wilayah di belahan dunia seperti Inggris, Amerika, Australia, Indonesia dan yang lainnya. Di negara tersebut kambing jenis ini kemudian disilangkan lagi dengan jenis kambing yang berada disana sehingga menghasilkan kambing persilangan baru, di Indonesia sendiri jenis ini disilangkan dengan peranakan etawa. Kambing ini termasuk dalam kategori kambing perah yang ternyata bisa menghasilkan susu yang lumayan banyak, bila dirata-rata kambing ini bisa menghasilkan susu sekitar 3,8 liter untuk perharinya, dalam susu tersebut terdapat kandungan lemak yang bisa mencapai 2,5% sampai 3%. Untuk bisa menghasilkan susu yang memiliki kandungan berkualitas biasanya para peternak memberikannya makanan berupa rumput, jerami, biji-bijian serta minuman kira-kira sebanyak 3 liter air perharinya. Bagi kalian yang belum tahu tentang jenis kambing ini bisa melihat ciri-cirinya dibawah ini.

Mengenal jenis kambing saanen beserta cirinya

  1. Kebanyakan kambing jenis ini memiliki warna dominan putih dan terkadang juga terdapat corak hitam di telinga, hidung, serta ambing bila kambing betina.
  2. Kambing ini memiliki telinga yang terlihat tegak lurus keatas.
  3. Tidak seperti kambing jenis lain bahwa katanya kambing jenis ini baik yang jantan maupun yang betina tidak memiliki tanduk.
  4. Kambing ini memiliki ukuran kaki yang relatif kecil.
  5. Sama seperti kambing yang lain bahwa kambing ini memiliki ekor yang terlihat pendek.
  6. Untuk bobotnya sendiri kambing jenis jantan dewasa bisa mencapai 90 kg, sedangkan untuk yang betina bobotnya hanya bisa mencapai 60 kg.
  7. Kambing ini katanya sensitif terhadap sinar matahari sehingga perlu dibuatkan tempat untuk kediamannya.

Demikianlah informasi tentang jenis kambing saanen, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *