Mengenal jenis kambing kosta beserta cirinya

Mengenal jenis kambing kosta beserta cirinya

img by @infoternak.com

Mengenal jenis kambing kosta beserta cirinya – Mungkin ada sebagian dari kalian yang jarang atau bahkan belum pernah melihat kambing ini sebab lokasi penyebaran dari kambing ini hanya disekitaran Jakarta dan Propinsi Banten. Bila dilihat-lihat kambing ini memiliki bentuk tubuh yang tidak terlalu besar dengan hidung yang rata dan kadang ada yang melengkung, bulu pendek, serta tanduknya juga terlihat pendek. Menurut beberapa sumber yang ada dulunya kambing ini terbentuk berkat persilangan yang dilakukan antara kambing Kacang dengan kambing Khasmir dan akhirnya hadirlah jenis kambing kosta yang memiliki warna coklat tua, coklat muda, coklat merah, abu-abu hingga hitam. Pola tubuhnya biasanya terdiri dari 2 pola warna yang didominasi warna putih pada bagian belang ditubuhnya.

Mengenal jenis kambing kosta beserta cirinya

Selama ini mungkin masyarakat hanya mengenal kambing kacang sebagai kambing asli yang berasal dari Indonesia sehingga jenis kambing kosta pun banyak yang menganggap kambing kacang sebab bentuk tubuhnya yang sama  yang juga merupakan hasil persilangan dari jenis kambing itu sendiri, persamaan dari kedua jenis kambing tersebut menjadikannya sulit untuk dibedakan padahal bila diamatai dan dicermati secara lebih mendalam ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya.

Perbedaan yang terdapat pada kambing kosta menjadikannya sebagai ciri khas tersendiri untuk membedakannya dengan kambing kacang, ciri yang sangat jelas dari kambing kosta ialah terdapat motif garis sejajar pada bagian kiri dan juga kanan mukanya, selain itu ada lagi ciri  dari kambing ini yaitu terdapat bulu rewos yang ada pada bagian kaki belakang, bulu rewos ini mirip dengan bulu rewos yang dimiliki oleh kambing peranakan etawa atau PE, baca juga artikel tentang jenis kambing gembrong. Kambing kosta ini bisa dibilang untuk dijadikan sebagai kambing pedaging sebab tubuh kambing ini terlihat besar ke bagian belakang sehingga ini bisa menjadi salah satu alternatif bila suatu saat keberadaan kambing pedaging jumlahnya semakin berkurang.

Demikianlah informasi tentang jenis kambing kosta, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Comments
  1. Atang Bukhori

    Saya seorang peternak Kambing kacang Kosta dari Desa Tanjungan Kecamatan Cikeusik Kabupaten Pandeglang, saat ini sedang membangun kandang kambing, di enam wilayah RW Desa Tanjungan, untuk mengembangkan kambing kacang kosta sebagai flasma nutfah kambing kacang dari Banten. dan saya mencoba mengembangkan one home one sheep. untuk menjadikan kambing sebagai tabungan bagi warga masyarakat.

    • Deniarko

      wah hebat kang, semoga berhasil dan terus berkembang

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *