Mengenal jenis kambing jawa randu beserta cirinya

Mengenal jenis kambing jawa randu beserta cirinya

img by @kampungdombabogor.blogspot.com

Mengenal jenis kambing jawa randu beserta cirinya – Bila bicara soal jenis kambing pastinya ada berbagai jenis kambing yang populer di kalangan peternakan atau bahkan kalian juga sering menemuinya, seperti artikel yang telah saya berikan sebelumnya tentang mengenal jenis kambing kacang, maka pada kesempatan kali ini saya juga akan berbagi informasi seputar jenis kambing namun jenis kambing yang akan saya ulas disini ialah jenis kambing jawa randu. Kenapa saya bahas tentang jenis kambing ini karena menurut saya kambing ini merupakan jenis yang unik karena merupakan hasil silangan antara kambing etawa dan kambing kacang, yang menarik disini ialah karena kedua jenis kambing tersebut memiliki peran yang berbeda, kambing etawa sebagai kambing perah penghasil susu sedangkan kambing kacang merupakan kambing yang dibudidayakan untuk diambil daging serta kulitnya.

Dari hasil persilangan antara keduanya ternyata secara fisik lebih banyak yang mirip kambing kacang ketimbang kambing etawa sendiri namun secara sifatnya mungkin lebih mirip kepada kambing etawa karena jenis kambing jawa randu memiliki kelebihan penghasil susu seperti kambing etawa dan juga bisa diambil dagingnya. Soal menghasilkan susu mungkin kambing ini tidak kalah dengan jenis kambing penghasil susu yang lainnnya sebab kambing ini bisa menghasilkan susu sebanyak 1,5 liter perharinya, selain itu kambing ini juga sangat hebat soal makan memakan sehingga terkenal dengan kambing yang rakus. Mungkin ada dari kalian yang pernah melihat jenis kambing ini namun belum tahu jenisnya jadi bagi kalian yang ingin tahu lebih jauh tentang kambing ini bisa melihatnya melalui ciri-ciri dibawah ini.

Mengenal jenis kambing jawa randu beserta cirinya

  1. Kambing ini memiliki warna bulu hiam, putih, coklat atau berkombinasi corak warna antara ketiganya.
  2. Memiliki punggung yang terlihat melengkung kebawah.
  3. Bila melihat kepalanya maka akan terlihat besar.
  4. Seperti kambing pada umumnya, kambing ini juga memiliki tanduk.
  5. Kambing ini memiliki telinga yang lebar serta menggantung kebawah.
  6. Untuk bobot tubuhnya sendiri biasanya yang jantan dewasa bisa mencapai 40 kg atau lebih, sedangkan yang betina biasanya kurang dari 40 kg.

Demikianlah informasi tentang jenis kambing jawa randu, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *