Mengenal jenis kambing boer yang populer dipasaran

Mengenal jenis kambing boer yang populer dipasaran

img by @mirzabalry.wordpress.com

Mengenal jenis kambing boer yang populer dipasaran – Kambing boer merupakan salah satu jenis kambing pedaging yang berasal dari Afrika selatan, jenis kambing boer banyak diminati oleh para peternak karena proses pertumbuhannya dinilai sangat cepat, menurut hasil pengamatan yang ada umur kambing antara 5 sampai 6 bulan saja beratnya sudah bisa mencapai 35 sampai 45 kg, bila di rata-rata pertumbuhannya perhari antara 0.02 sampai 0.04 kg perhari, namun itu juga berpengaruh pada makanan dan susu dari induknya, apabila konsumsi makanan perharinya kurang ya target berat itu tidak akan tercapai. Untuk ukuran berat kambing boer yang jantan dan betina berbeda, kebanyakan kambing yang jantan jauh lebih berat dari yang betina yaitu antara 120 sampai 150 kg saat berumur 2 sampai 3 tahun, sedangkan yang betina berkisar antara 80 sampai 90 kb saat umur 2 sampai 3 tahun.

Bentuk fisik dari jenis kambing boer tidak jauh berbeda dengan jenis yang lain misalnya saja bentuk tubuhnya yang lebar dan panjang, berbulu putih, berkaki pendek, berhidung cembung, telinganya panjang menggantung namun yang membedakan dari jenis lain ialah warna kepalanya yang coklat muda dan terkadang coklat tua, warna kepalanya ini diyakini bisa melindungi dirinya dari kanker kulit akibat sengatan sinar matahari langsung. Bagi kalian yang ingin membudidayakannya tidak usah kawatir masalah suhu udara ditempat kalian karena kambing ini bisa hidup dilingkungan yang ekstrim dari suhu yang sangat dingin sampai hingga yang sangat panas antara -25º C sampai 43º C dan juga mampu beradaptasi dengan suhu yang berubah-ubah di lingkungan tersebut.

Mengenal jenis kambing boer yang populer dipasaran

Jenis kambing boer sendiri dibedakan menjadi beberapa klasifikasi, yaitu :

Kambing boer full blood registered

Jenis kambing boer ini merupakan jenis yang berasal dari 100% keturunan kambing boer berdarah murni yang terdaftar pada silsilah di asosiasi boer, dalam hal ini kambing boer murni hanya bisa didapatkan dari kambing boer yang diimpor langsung dari Afrika.

Kambing boer pure breed

Jenis ini merupakan peranakan dari kambing boer betina , peranakannya sendiri didefinisikan memiliki 15/16 atau 93.75% darah kambing boer yang berasal dari keturunan kambing boer murni.

Kambing boer campuran

Jenis kambing boer ini memiliki 1/2 atau 50% darah kambing boer, jenis ini berasal dari keturunan pejantan boer murni atau fullblood dengan indukan bukan boer atau bisa juga dri indukan boer murni dengan pejantan yang bukan boer.

Demikianlah informasi tentang jenis kambing boer, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *