Mengenal jenis ikan lele dumbo yang mudah dibudidayakan

Mengenal jenis ikan lele dumbo yang mudah dibudidayakan

img by @usahakita888.blogspot.com

Mengenal jenis ikan lele dumbo yang mudah dibudidayakan – Di Indonesia terdapat beberapa jenis lele yang banyak dibudidayakan oleh peternak, salah satunya jenis ikan lele dumbo, ikan yang berasal dari Afrika ini memiliki ukuran yang lebih besar dari pada lele lokal serta patilnya juga tidak tajam. Namun ada kelemahan dari jenis lele ini yaitu dagingnya yang lunak sehingga mudah hancur bila digoreng. Nama dumbo sendiri diberikan karena ukuran tubuhnya yang jauh lebih besar dari rata-rata lele lokal Asia Tenggara. Bila dialam liar ikan ini menyukai tempat-tempat seperti air tawar yang tenang serta kubangan buatan manusia, selain itu ikan ini dapat hidup dan juga bertahan dalam saluran air buangan. Untuk memperbaiki kualitas dagingnya, lele ini disilangkan dengan lele lokal Asia Tenggara.

Lingkungan hidup jenis ikan lele dumbo ini seperti waduk, bendungan, rawa, danau dan genangan air yang lainnya, selain itu ikan ini juga bisa ditemukan pada sungai yang arus airnya tidak deras karena memang ikan ini tidak begitu menyukai arus sungai yang deras. Perlu diketahui juga bahwa ikan ini dapat melakukan pertukaran gas yang terjadi melalui organ aboresent yang terletak dalam ruang atas insang sehingga ikan ini memiliki kemampuan bernafas dengan udara secara langsung dan dapat bertahan hidup dalam lumpur pada saat musim-musim kemarau. Lele ini terkenal dengan sifat nocturnalnya yaitu aktif di saat malam hari, sehingga pada siang hari lele ini jarang beraktifitas dan lebih bersembunyi pada tempat yang gelap dan sejuk.

Tempat-tempat yang digunakan lele ini untuk bersembunyi pada siang hari antara lain bebatuan, lubang, rumput yang ada didasar perairan. Karena aktif pada saat malam hari maka mata dari lele ini tidaklah terlalu berperan penting, sedangkan organ yang penting yang dimiliki lele ini adalah sungutnya yang berfungsi sebagai pembau disekitarnya. Namun lele ini sekarang mulai ditinggalkan oleh peternak karena adanya jenis lele baru yang secara kualitas lebih bagus dan baik untuk dibudidayakan, mengenai jenis-jenis tersebut dapat kalian baca pada artikel jenis ikan lele yang baik untuk dibudidaya.

Demikianlah informasi tentang jenis ikan lele dumbo, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *