Mengenal jenis burung tali pocong atau seriwang asia

Mengenal jenis burung tali pocong atau seriwang asia

img by @biodiversitywarriors.org

Mengenal jenis burung tali pocong atau seriwang asia – Apa kabar sahabat info peternakan, dalam beberapa bulan ini saya disibukkan dengan skripsi sehingga jadi jarang update diblog ini, nah karena sekarang ada sedikit waktu luang maka saya akan sedikit berbagi informasi tentang salah satu jenis burung kicau yaitu seriwang asia, dibeberapa daerah di Indonesia burung ini sering disebut dengan burung tali pocong atau burung tali mayit, mungkin pemberian julukan tersebut terdengar aneh dan menyeramkan namun julukan tersebut diberikan karena burung tersebut memiliki ekor yang panjang. Burung ini didalam bahasa Inggris dijuluki Asian Paradise Flycatcher dengan nama ilmiah Terpsiphone Paradisi yang memiliki panjang tubuh hingga 22 cm dan untuk yang jantan memiliki panjang ekor hingga 30 cm. Penampilan burung ini mungkin hampir mirip dengan murai batu ekor panjang namun yang membedakannya adalah warna bulu serta jambul kepala yang terlihat lebih indah.

Burung seriwang asia atau burung tali pocong dapat ditemukan dihutan asia dan wilayah lain terutama didaerah penyebarannya seperti Turkistan, Cina, India, Srilanka, Indonesia dan yang lainnya, di Indonesia sendiri burung ini banyak ditemui di pulau Sumba dan Alor. Untuk suaranya sendiri burung ini memiliki suara yang lumayan kencang dan merdu, jadi bila kalian sering memaster burung bisa mempergunakannya untuk memaster burung lain. Makanan yang disukai burung ini seperti ulat, kumbang, kutu kayu, capung, laba-laba dan juga buah buahan kecil yang memang makanan tersebut dapat mereka temukan dihutan. Burung seriwang asia betina dapat menghasilkan telur antara 3 – 4 butir dengan warna coklat yang hampir mirip dengan telur ayam namun terdapat bercak kemerahan. Bagi kalian yang ingin mengenalnya maka dapat mengetahui beberapa spesiesnya dengan ciri-ciri fisik seperti dibawah ini.

Spesies Terpsiphone Paradisi

Spesies ini memiliki warna punggung dan ekor coklat tembaga, sedangkan dada dan perutnya berwarna putih. Dibagian mata terdapat iris berwarna coklat dengan titik hitam dan kepalanya memiliki jambul dengan warna hitam. Untuk kakainya sendiri terbilang pendek sehingga tubuhnya terlihat tegap saat bertengger.

Terpsiphone Leucogaster

Untuk spesies ini memiliki warna bulu putih, sedangkan untuk kepala dan jambulnya berwarna hitam. Iris mata dari burung ini berwarna hitam dengan sayapnya yang terdapat beberapa bulu berwarna hitam.

Terpsiphone Paradisi Betina

Untuk spesies paradisi betina memiliki punggng dengan warna bulu coklat, sedangkan dada dan perutnya berwarna putih kusam. Untuk kepala dan jambulnya terlihat berwarna hitam dan yang membedakannya dari yang jantan yaitu ukuran panjang ekornya yang lebih pendek.

Demikianlah informasi tentang burung tali pocong, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *