Mengenal burung murai batu medan yang bagus berserta cirinya

Mengenal murai batu medan yang bagus berserta cirinya

img by @jualbeliburung.com

Mengenal burung murai batu medan yang bagus berserta cirinya – Bicara soal burung kicau pasti tidak akan ada habisnya karena ada banyak sekali jenis burung kicau yang populer dikalangan masyarakat, salah satunya murai batu medan. Sebenarnya ada beberapa jenis burung murai yang ada di Indonesia namun jenis burung ini bisa dikatakan yang paling baik dan banyak dipelihara oleh para penghobi burung kicau dari pada jenis lainnya yang berada di Indonesia. Daerah penyebaran dari burung murai ini diantaranya semua pulau Sumatra, Kalimantan, serta beberpa tempat di pulau Jawa.

Burung murai batu medan yang asli sebenarnya sudah sulit untuk ditemukan dihutan maupun di gunung jadi biasanya kebanyakan bukan berasal dari kota Medan tetapi bisa dari daerah lain seperti Aceh atau daerah lain yang berada di Sumatra utara. Selain memiliki suara yang bisa dikatakan keras karena memiliki postur tubuh yang gagah serta tampilan fisiknya yang sangat luar biasa sehingga burung ini menjadi salah satu yang banyak diminati di Indonesia. Bagi kalian baru mengenal jenis-burung pasti akan kesulitan untuk mengenalnya satu sama lain, salah satunya burung murai yang memiliki beberapa jenis, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips bagaimana ciri-ciri murai jenis ini supaya kalian bisa membedakannya dengan jenis yang lain karena ada perbedaan dari jenis satu dengan yang lainnya.

Mengenal burung murai batu medan yang bagus berserta cirinya

Untuk mengetahui ciri-ciri murai batu medan sebenarnya tidaklah serumit dari apa yang mungkin kalian bayangkan namun kalian harus cermat dalam mengamatinya supaya tidak keliru dengan jenis yang lain.

  • Murai medan biasanya memiliki ekor yang panjang dengan panjang bisa mencapai 25cm lebih, dari bentuk ekornya tersebut ada yang melengkung namun tidak jarang ada yang lurus.
  • Untuk postur tubuhnya sendiri murai medan berpostur tubuh besar dari pada jenis murai yang lainnya.
  • Bulunya yang hitam kelam dan juga sedikit mengkilap akan berubah warna menjadi kilatan biru semu apabila terkena cahaya matahari.
  • Bila warna kakinya merah gelap itu artinya murai medan tersebut masih muda dan apabila sudah biasa akan terlihat bersisik dan juga adanya lekukan seperti buah belimbing.
  • Bila dilihat ekornya akan terlihat warna putih di sekitar pangkal ekor sampai dengan pangkal paha.
  • Untuk suaranya sendiri terdengan keras dan nyaring dan apabila murai medan menirukan suara burung yang lain akan terdengar jauh lebih keras dengan suara burung yang aslinya.

Demikianlah sedikit informasi tentang murai medan disertai ciri-cirinya, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian yang sedang ingin memelihara burung ini, sekian dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *