Kumpulan tips cara merawat marmut dengan mudah

Kumpulan tips cara merawat marmut dengan mudah

img by @yuanpp.blogspot.com

Kumpulan tips cara merawat marmut dengan mudah – Marmut merupakan salah satu hewan pengerat yang banyak dipelihara oleh masyarakat karena bentuk tubuhnya yang menggemaskan sehingga banyak orang menyukainya terutama anak-anak, baca juga artikel tentang cara mengawinkan hamster. Dalam kurun waktu sampai sekarang ini banyak masyarakat yang mencoba untuk membudidayakan marmut karena dinilai mudah dalam perawatannya, itu merupakan ungkapan dari om saya yang kebetulan juga menekuni usaha ternak marmut. Selain mudah dalam perawatannya marmut juga mudah untuk berkembang biak, hal ini memungkinkan kalian bisa mendapatkan keuntungan yang lebih, bagi kalian yang belum memiliki penghasilan bisa mencoba budidaya marmut ini lalu saya akan memberikan beberapa tips cara merawat marmut untuk kalian.

Beberapa cara merawat marmut ini bisa dibilang cukup mudah namun kalian harus konsisten dalam perawatannya khususnya pada kebersihan kandang sebab bila kandang yang ditempati marmut terlihat kotor dengan adanya kotoran yang menempel kemana-mana itu akan membuat marmut tidak sehat serta biasanya bulu-bulu marmut yang seharusnya terlihat halus malah akan menjadi kotor dan malas untuk melihatnya. Untuk selengkapnya mengeni tips perawatan marmut bisa dilihat dibawah ini.

Kumpulan tips cara merawat marmut dengan mudah

Memilih kandang yang tepat untuk marmut

Dalam memilih kandang untuk marmut, pilihlah kandang yang memiliki cukup ruang untuk bergerak si marmut sebab kandang yang luas akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi marmut untuk bergerak bebas, untuk kandangnya sendiri sebaiknya terdapat ventilasi agar kesegaran udara bisa selalu terjaga dan jangan gunakan kandang untuk marmut seperti aquarium karena tidak ada ventilasi udaranya sehingga akan terasa panas didalamnya.

Menggunakan tempat tidur bebeas racun

Untuk membuat alas kandang untuk marmut sebaiknya gunakan bahan-bahan yang bebas dari racun karena marmut yang selalu mengunyah benda apapun disekitarnya dan itu bisa sangat berbahaya apabila marmut mengunyah benda seperti alas tidur yang beracun dikandangnya.

Memberikan makanan yang tepat

Untuk makanannya sendiri biasanya marmut diberikan makanan yang dijual di toko namun untuk selingan agar tidak bosan marmut bisa diberi sayuran dan buah-buahan seperti kangkung, selada, apel, anggur dan yang lainnya.

Selalu menyediakan jerami

Ketersediaan jerami dikandang memang sangat penting karena biasanya jerami itu digunakan untuk membuat sarang marmut dan sering juga dijadikan cemilan untuk marmut.

Selalu menyediakan air minum

Ketersediaan air minum juga amat penting supaya marmut tidak kehausan, minuman yang diberikan pun harus selalu bersih yang bisa ditempatkan pada wadah yang ditempel pada kandang, selain itu kebersihan wadah tempat air minum juga harus selalu dijaga.

Menjaga selalu kebersihan kandang

Seperti yang sudah saya ungkapkan diatas, kebersihan kandang memang salah satu faktor penting selain untuk menjaga marmut dari berbagai penyakit juga mencegah bulu marmut yang kotor bila terkena kotoran dala kandang.

Melakukan perawatan bulu marmut

Untuk perawatan bulunya biasanya cukup dengan selalu merapikannya dengan sisir, bulunya yang biasanya pendek itu tidak memerlukan penyisiran yang rumit yang penting terlihat rapi saja.

Tips tambahan untuk marmut

Walaupun marmut termasuk hewan pengerat namun juga perlu asupan vitamin yang cukup seperti vitamin C, untuk itu pastikan bahwa kebutuhan akan vitamin untuk marmut tercukupi, selain itu ada hal penting yang harus kalian semua perhatikan yaitu masalah keamanan, usahakan marmut berada ditempat yang tidak ada hewan lain seperti kucing, ancing dan yang lainnya karena kehidupannya bisa terancam oleh hewan tersebut.

Demikianlah sedikit informasi tentang cara merawat marmut, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *