Jenis penyakit yang sering menyerang ikan hias

Jenis penyakit yang sering menyerang ikan hias

img by @gambargambar.com

Jenis penyakit yang sering menyerang ikan hias – Setelah beberapa waktu lalu saya memberikan informasi tentang jenis ikan hias air tawar di Indonesia, lalu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang jenis penyakit ikan hias, seperti yang kita semua tahu bahwa ikan hias banyak dibudidayakan oleh masyarakat karena memiliki prospek yang cerah namun dalam menekuni usaha ini ada beberapa kendala yang harus siap dihadapi oleh para peternak yaitu masalah penyakit yang sering menyerang ikan hias.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ikan hias punya resiko terserang penyakit yang bisa berdampak pada kematian karena bisa menimbulkan kerugian yang amat besar. Namun resiko tersebut bisa kita kurangi asalkan kita tahu jenis penyakit ikan hias serta langkah yang harus dilakukan untuk pengobatannya sebab bila tidak dilakukan tindakan dan cuma dibiarkan saja akan berdampak buruk pada ikan dan hal yang paling fatal ialah kematian.

Jenis penyakit yang sering menyerang ikan hias

Berikut ini ada beberapa jenis penyakit ikan hias serta langkah pengobatannya.

  • Penyakit disebabkan oleh parasit

Parasit merupakan salah satu hewan atau tumbuhan yang bisa menyebabkan penyakit pada ikan hias, parasit dapat menyerang dibeberapa daerah tubuh ikan yang dikenal dengan external parasites atau ekto parasit dan internal parasites atau endo parasit. ekto parasit biasanya menyerang tubuh lua ikan sedangkan endo parasit menyerang bagian dalam tubuh ikan, kedua sama-sama merugikan namun endo parasit lebih berbahaya dibandingkan ekto parasit.

  • Penyakit cacar ikan

Penyakit ini menyerang karena disebabkan oleh virus Epithelioma papulasum, penyakit ini kebanyakan sering menyerang ikan mas namun ada juga beberapa ikan hias yang bisa terkena penyakit ini.  Gejala yang timbul akibat penyakit ini adalah timbulnya bercak-bercak putih susu pada kulit ikan, apabila tidak segera ditangani lama-kelamaan bercak putih tersebut akan semakin melebar dan bentuknya seperti panu. Untuk pengobatannya bisa dilakukan dengan menyuntikkan larutan senyawa arycil pada bagian perut ikan yang sedang sakit.

  • Penyakit vibriosis

Penyakit ini menyerang karena disebabkan oleh bakteri Vibrio sp, gekala yang nampak dari penyakit ini ialah kangesti pada sirip, bintik-bintik pada kulit, pendarahan pada kulit dan otot karena terluka. Tindakan yang harus dilakukan apabila terkena penyakit ini dengan menjaga kebersihan kolam dan diberikan obat oxytetracylin sebanyak 0.5 g/kg pakan selama 7 hari, selain itu bisa jga diberikan melalui suntikan.

  • Penyakit Aeromonas sp

Penyakit ini menyerang karena disebabkan oleh bakteri Aeromonas, gejala yang timbul dari ikan yang terkena penyakit ini ialah tubuhnya menjadi lebih gelap, timbul luka-luka, dan juga pendarahan yang terjadi pada kulitnya yang bisa menjadi borok apabila terus dibiarkan. Bila ikan sudah terserang penyakit ini bisa diberikan obat antibiotik yang bisa didapatkan di toko ikan atau apotik jenis obat yang bisa digunakan untuk menanganinya antara lain Chloramphenicol atau kemicetin,  oxytetracylin atau streptomycin. Obat itu bisa diberikan dengan cara disuntikan, direndam atau juga dicampur pada pakannya.

Demikianlah beberapa informasi tentang jenis penyakit pada ikan hias, semoga informasi ini bisa berguna bagi kalian yang sedang mencari informasi tentang penyakit dan tata cara penyembuhan pada ikan hias, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *