Jenis makanan yang harus diwaspadai untuk kelinci

Inilah makanan yang harus diwaspadai untuk kelinci

img by @peternakkelinci.blogdetik.com

Jenis makanan yang harus diwaspadai untuk kelinci – Kelinci merupakan hewan yang suka sekali dengan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan terutama daunnya, dari sekian banyak tumbuhan yang disukai kelinci ada beberapa makanan yang diwaspadai kelinci, makanan tersebut bukannya tidak boleh diberikan pada kelinci namun karena ada beberapa hal seperti kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut yang bisa berdampak kurang baik terhadap ternak kelinci. Biasanya para peternak memberikan makanan ini sebagai selingan saja atau malah tidak memberikannya sama sekali karena ada jenis makanan yang memang tidak boleh diberikan kepada kelinci karena memiliki zat yang berbahaya.

Mungkin ada beberapa pandangan yang berbeda-beda tentang makanan yang diwaspadai kelinci namun yang jelas semua itu untuk satu tujuan yaitu demi kebaikan kelinci, jadi ini mungkin bisa menjadi referensi untuk kalian semua tentang makanan apa saja yang baik diberikan untuk kelinci atau tidak, baca juga artikel tentang jenis makanan yang baik untuk kelinci. Bagi para peternak kelinci yang sudah lama malang melintang di dunia peternakan kelinci mungkin sudah tau seluk beluk makanan yang baik atau tidak diberikan pada kelinci, namun bagi kalian yang belum begitu tahu bisa melihatnya dibawah ini.

Jenis makanan yang harus diwaspadai untuk kelinci

Daun lamtoro

Daun lamtoro atau petai cina ini sebenarnya memiliki kandungan protein yang tinggi, namun didalamnya juga memiliki zat racun atau mimosine yang bisa mengakibatkan kerontokan bulu pada kelinci, daun yang didaerah saya juga sering disebut dengan daun mandingan ini sebaiknya jangan diberikan pada kelinci untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada kelinci.

Wortel

Mungkin kebanyakan orang menganggap kelinci beridentik dengan wortel namun pada kenyataan wortel sebenarnya hanya boleh diberikan sesekali saja pada kelinci sebab didalam wortel terdapat kandungan gula yang sangat tinggi sehingga bisa berdampak beberapa hal seperti tingkat pertumbuhan yang tidak wajar dan masalah pencernaan kelinci dari pengkonsumsian wortel yang berlebihan.

Kangkung

Kangkun mungkin salah satu makanan yang disukai kelinci namun karena kandungan serat kasarnya yang tinggi bisa berakibat menyulitkan pencernaan kelinci, selain itu kangkung yang termasuk tanaman bambu tersebut memiliki potensi menyimpan gas dan juga bakteri. Hal yang mendasar saat kelinci diberikan kangkung yaitu air kencingnya akan berbau pesing.

Rumput gajah

Rumput gajah memiliki tekstur yang terlihat tajam sehingga bisa mengakibatkan lidah serta tenggorokan kelinci terluka, jadi sebaiknya hindarilah pakan ini walaupun pada dasarnya rumput ini memiliki kandungan serat kasar  yang bagus. Sebenarnya bisa juga rumput ini dikeringkan selama dua hari lalu dicacah halus baru kemudian bisa diberikan pada kelinci, namun karena teksturnya juga sudah kering jadi kebanyakan kelinci sudah tidak tertarik memakannya.

Daun kol atau kubis

Didalam kol terdapat kandungan serat kasar yang tinggi sehingga tidak baik diberikan pada kelinci secara berlebihan, karena bisa mengakibatkan kelinci kembung, dari gejala kembung tersebut kelinci bisa mengalami kematian bila tidak segera diatasi.

Demikianlah informasi tentang makanan yang diwaspadai kelinci, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *