Inilah cara ternak ayam potong dengan mudah

Inilah cara ternak ayam potong dengan mudah

img by @bangdafi.com

Inilah cara ternak ayam potong dengan mudah – Bila bicara soal ayam potong pastinya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi sebab selain dagingnya yang banyak digemari juga banyak sekali para peternak ayam potong yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa daging ayam potong atau broiler itu tidak baik untuk kesehatan dalam jumlah konsumsi yang banyak namun sepertinya hal itu sedikit terabaikan sebab mengingat akan kebutuhan daging untuk konsumsi yang sudah melekat sejak dulu sehingga dampak yang mungkin akan terjadi pun tidak terlalu diperdulikan. Menurut saya sih mengkonsumsi daging ayam potong tidaklah terlalu bermasalah asalkan tidak sering-sering, toh bila banyak mengkonsumsinya akan merasa bosan juga. Dari banyaknya peminat akan ayam potong menjadikan masyarakat banyak juga yang ingin mencoba merasakannya namun dalam hal ini bukan mengkonsumsinya melainkan mencoba untuk menternaknya, peluang usaha ayam potong memang mejadi salah satu usaha yang banyak ditekuni, didaerah saya sendiri banyak sekali peternakan ayam potong yang sudah sukses, bahkan hasil ternak mereka sudah banyak yang mendistribusikannya sampai ke beberapa kota di Indonesia. Bagi kalian yang mungkin tertarik dalam bidang usaha ini bisa mencobanya toh caranya juga tidak terlalu rumit namun kalian harus mempunyai modal untuk memulainya, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbag informasi tentang cara ternak ayam potong yang mungkin bisa berguna untuk kalian semua.

Budidaya ayam potong atau pedaging pastinya bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan asalkan bisa ditekuni dengan baik, buktinya saja banyak contoh peternak ayam potong yang sudah sukses mengembangkan usaha ini, bahkan sampai ada peternak yang merasa kewalahan menuruti permintaan pasar yang semakin banyak saja, potensi inilah yang bisa kalian jadikan sebagai sarana untuk membuat usaha yang menguntungkan, bila kalian memang ingin memulai ternak ini bisa membaca beberapa cara ternak ayam potong yang dikhususkan untuk pemula karena cara ini bisa dibilang dasar yang perlu kalian lakukan agar ternak ayam potong bisa sukses.

Inilah cara ternak ayam potong dengan mudah

Mempersiapkan kandang untuk beternak

Persiapan kandang merupakan hal pertama yang harus dilakukan sebab bila sudah memiliki kandang yang akan digunakan untuk beternak akan lebih tenang bila nantinya sudah memiliki bibit ayam, kandang ayam yang harus dipersiapkan sebaiknya memenuhi beberapa kriteria seperti kandang yang dipersiapkan harus sesuai atau sebanding dengan jumlah ayam yang mau diternak, misalnya saja kalian akan mulai beternak dengan jumlah ayam 100 ekor, maka kandang yang harus dipersiapkan sekitar 25 meter persegi. Selain itu pastikan kandang ayam harus dalam keadaan selalu bersih, bukan berarti kalian harus membersihkannya setiap hari namuan yang terpenting selalu menjaga kebersihannya supaya penyakit tidak mudah datang dan ada baiknya kalian membuatkandang dengan lantai yang terbuat agak miring supaya mempermudah dalam pembersihannya. Pastikan juga bahwa kandang yang dipersiapkan terdapat ventilasi udara yang cukup yang disertai atap dan dinding kandang yang tertutup mengingat ayam jarang yang tahan dengan suhu dingin.

Mempersiapkan peralatan kandang yang diperlukan

Ada beberapa peralatan yang harus kalian dipersiapkan dalam rangka memulai usaha ternak ini, antara lain tempat makan, tempat minum, pemanas kandang atau ampu pijar, pembersih kandang bisa sapu, serok dan yang lainnya yang sekiranya dibutuhkan.

Mencari serta membeli bibit ayam yang sehat

Bibit yang sehat menjadi hal mutlak yang harus dipenuhi sebab bibit yang sehat itu akan mempengaruhi berhasil tidaknya usaha ini, kriteria dari ayam yang sehat itu seperti memiliki kelincahan, bulunya terlihat sehat, tidak ada cacat yang terlihat, berat badannya sesuai dengan umurnya dan yang lainnya.

Memastikan gizi untuk ayam terpenuhi dengan baik

Untuk masalah gizi bisa kalian pantau dari makanan dan minuman yang diberikan, agar ayam memenuhi kebutuhan gizi bisa diberikan pakan khusus untuk ayam potong yang diberikan secara rutin 3 hari sekali dengan jumlah takaran yang sesuai dengan jumlah ayam dalam kandang, untuk menjaga kesehatan serta daya tubuhnya agar kemungkinan kecil terhindar dari serangan virus bisa diberikan obat atau vitamin yang bisa dicampurkan dalam makanan atau minumannya.

Melakukan pemasaran ayam yang sudah siap jual

Setelah ayam potong sudah siap untuk dipasarkan yang sudah memiliki kriteria untuk dijual sebaiknya kalian langsung menjualnya sebab akan mengurangi beban pakan nantinya, untuk pemasarannya sendiri bisa menghubungi para jasa pemotongan ayam atau biasanya para pembeli atau tengkulak ayam akan datang secara langsung untuk membelinya, bila usaha kalian sudah besar bisa kalian tawarkan secara online agar usaha kalian bisa dikenal diberbagai daerah, namun hal ini harus kalian lakukan setelah kira kira memiliki stok yang banyak karena biasanya akan ada banyak permintaan yang akan membuat kalian pusing bila tidak memiliki stok yang memadahi.

Demikianlah informasi tentang cara ternak ayam potong, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *