Inilah cara mudah ternak kerbau yang menguntungkan

Inilah cara mudah ternak kerbau yang menguntungkan

img by @medanbisnisdaily.com

Inilah cara mudah ternak kerbau yang menguntungkan – Mungkin sebagian besar masyarakat sekarang jarang yang mencoba peruntungan dengan usaha ternak kerbau karena memang dagingnya juga tidak terlalu populer dikalangan masyarakat, namun dulu kerbau memang menjadi salah satu hewan ternak yang banyak dimiliki oleh warga sebab dengan bantuan kekuatannya bisa untuk membantu para petani membajak sawah tapi untuk sekarang ini membajak sawah dengan bantuan kerbau memang kurang populer sejak adanya mesin traktor yang membuat proses pembajakan sawah lebih cepat dan sawah yang dibajak juga memiliki kualitas yang bagus. Walaupun begitu namun usaha budidaya kerbau ini bisa kalian coba karena bagaimanapun juga pasti masih banyak masyarakat yang membutuhkan kerbau, baca juga artikel sebelumnya tentang sapi limosin beserta cirinya.

Bila kalian mau mencoba ternak kerbau sebenarnya tidaklah susah karena proses perawatannya saa seperti hewan ternak lain seperti sapi, kambing dan yang lainnya, makanannya pun tergolong mudah didapat karena makanan yang disukainya itu rumput yang bisa didapat dengan mudah di persawahan. Bila kalian memang ingin memulainya bisa mengikuti tips-tips dibawah ini.

Inilah cara mudah ternak kerbau yang menguntungkan

Memilih bibit kerbau yang bagus

Bibit kerbau yang bagus bisa menjadi modal yang bagus dalam usaha ternak kerbau, untuk pemilihan bibit yang bagus bisa melihat pedoman dari silsilah keturunan, karena biasanya bibit kerbau yang bagus itu akan tercermin dari keturunannya. Selain itu dalam pemilihan bibitnya juga harus memperhatikan beberapa faktor yaitu berat saat lahir, berat saat disapih, pertambahan berat, dan kriteria tertentu misalnya jumlah menang apabila pernah diikutkan dalam perlombaan. Sebenarnya hal yang palin penting dalam pemilihan bibit kerbau ini dapat dilihat dari pengamatan kesehatan ternak, umur ternak dan juga keadaan luar ternak. Untuk kesehatan kerbau sendiri dapat dilihat dari cirinya yang diantaraya:

  • Matanya terlihat putih bersih.
  • Kulitnya terlihat bercahaya dan tidak terlihat luka di kulitnya seperti kurap.
  • Tubuhnya terlihat gemuk yang menandakan kerbau itu sehat dan doyan makan.
  • Hidungnya tidak beringus, ya walaupun beringus usahakan cari yang sedikit ingusnya.
  • Tidak terlihat cacat baik itu fisik maupun mental.
  • Kerbau yang jantan memiliki alat kelamin dan kakinya harus yang kuat.
  • Kerbau betina mempunyai alat kelamin yang normal serta ambingnya baik.

Mempersiapkan dandang yang ideal untuk kerbau

Setelah kalian tahu tentang kriteria bibit kerbau yang bagus maka lakukanlah pencarian bibit kerbau itu, namun sebelumnya kalian juga harus mempersiapkan tempat untuk ternaknya nanti sebab bila sudah mendapatkan bibit namun kandangnya belum ada akan ditaruh dimana kerbau itu nanti, berikut ini ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan dalam membuat kandang yang sesuai untuk kebau.

  • Buatlah kandang kerbau yang jaraknya lumayan jauh dari rumah atau pemukiman sebab bisa mengganggu sekitarnya soal bau yang akan timbul dari kotorannya.
  • Untuk bentuk kandangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bisa dibuat dari bambu seperti kandang pada umumnya.
  • Untuk lantai tanah bisa diberi semen atau tanah yang dipadatkan, usahakan lantai dikandang lebih tinggi dari permukaan tanah disekitar kandang sebab bila terjadi hujan lantai kandang tidak akan becek terkena air hujan.
  • Berikanlah juga ventilasi pada kandang agar sirkulasi udara tetap baik.
  • Buatlah juga sistem drainase atau pembuangan baik itu didalam maupun diluar kandang.

Melakukan perawatan pada kerbau

Setelah kalian membuat kandang yang ideal untuk kebau dan juga sudah mendapatkan bibit kebau yang baik sekarang tugas kalian ialah melakukan perawatannya, dalam perawatan yang harus kalian lakukan ialah memberikannya pakan setiap hari, menggembalanya di sawah, memandikannya dan yang lainnya. Pakan sehari-hari yang bisa diberikan berupa rumput segar, jerami padi, dedak halus, kacang-kacangan yang masih segar, vitamin, mineral dan garam untuk pelengkap. Dalam pemberian makanannya bisa diberikan pada pagi dan sore hari yang disesuaikan dengan kebutuhan, bila langkah-langkah diatas sudah terpenuhi kalian cuma tinggal melakukan pengembangannya saja dan usaha ternak ini akan berhasil apabila ditekuni dengan baik.

Demikianlah informasi tentang cara ternak atau budidaya kerbau, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *