Gejala serta pengobatan penyakit pilek pada ayam

Gejala serta pengobatan pilek ayam secara alami

Gejala serta pengobatan penyakit pilek pada ayam РSalah satu penyakit yang kerap menyerang ayam adalah penyakit pilek atau juga sering disebut Snot atau Coryza. Kata snot sendiri berasal dari bahasa inggris yang bila diterjemahkan berarti ingus atau lendir yang keluar dari hidung unggas. Penyebab penyakit ini biasanya dikarenakan oleh bakteri atau virus Haemophillus Gallinarum, penyerangannya biasanya terjadi pada anakan ayam pada saat pergantian musim yang berubah-ubah sehingga mempengaruhi kesehatan dan daya tahan tubuh ayam.

Penyakit ini dapat menyerang ayam di berbagai umur namun sangat rentan bila menyerang anakan ayam di rentang umur kurang dari 16 minggu karena angka kematiannya sangat tinggi di umur ini. Penyakit ini juga dapat menular ke ayam lain melalui kontak langsung maupun tidak seperti udara, makanan, minuman dan yang lainnya. Apabila ayam terkena penyakit ini maka akan timbul gejala-gejala seperti dibawah ini.

  1. Mata terlihat mengeluarkan cairan.
  2. Ayam nampak ngantuk dan sayapnya layu menggantung kebawah.
  3. Hidungnya terlihat mengeluarkan lendir dengan warna kuning kental dan memiliki bau khas.
  4. Hidungnya nampak berkerak.
  5. Ayam mengeluarkan suara ngorok dan sulit untuk bernafas.
  6. Nafsu makan ayam menjadi berkurang.
  7. Pertumbuhan anakan ayam menjadi lambat.

Pengobatan secara ilmiah

Ayam yang terserang penyakit ini dapat diberi prefarat sulfat misalnya sulfadimethoxine atau sulfathiazole. pemberian sulfat ini juga bisa dikombinasikan dengan tetrasiklin dan dapat diberikan dengan campur pada air minumnya atau juga bisa dengan disuntikkan secara intramuskular. Nmaun sebelumnya harus hati-hati mempergunakan obat ini terutama bila ingin diberikan pada ayam petelur karena dapat mengkontaminasi telur dan kualitas kerabang telur.

Pengobatan secara alami atau tradisional

Selain dapat diobati dengan obat kimia, penyakit ini juga dapat diatasi secara alami melalui ramuan tradisional, cara ini masih digunakan oleh peternak karena dinilai aman dan tanpa efek samping karena bahan yang digunakan alami, berikut ini caranya.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Tepung beras padi 150 gram.
  2. Kencur 100 gram.
  3. Jahe 25 gram atau sebesar 1 jari tangan.

Bila bahan yang dibutuhkan sudah siap lalu cara pemrosesannya sebagai berikut :

  1. Kencur dan jahe tadi digilas atau dihaluskan dalam lumpang atau yang lainnya.
  2. Setelah halus lalu campurkan tepung beras dan campur sampai merata.
  3. Setelah semua bahan tercampur rata lalu bentuklah seperti pil sebesar biji jagung kemudian dijemur hingga kering.
  4. Setelah pil tadi sudah kering maka sudah siap diberikan pada ayam yang terserang pilek atau snot dipagi dan sore hari.

Demikianlah informasi mengenai penyakit pilek ayam, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *