Cara mudah memulai usaha ternak kroto yang menguntungkan

Cara mudah memulai usaha ternak kroto

img by @gemadesa.com

Cara mudah memulai usaha ternak kroto yang menguntungkan – Kembali lagi bersama saya di blog infopeternakan.com, setelah beberapa waktu yang lalu saya memberikan informasi tentang peluang usaha budidaya kroto, lalu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara mudah untuk memulai usaha kroto. Mungkin bagi kalian yang pernah melihat usaha ini merasa ingin mencobanya, ya makhlum saja karena usaha ini memang memiliki prospek yang baik alhasil banyak masyarakat yang mulai menekuninya. Untuk memulainya sebenarnya tidaklah terlalu sulit, kalian cuma harus mempersiapkan perlengkapan untuk memulai ternak kroto, untuk lebih detailnya bisa kalian lihat dibawah ini apa saja yang harus dipersiapkan.

Cara mudah memulai usaha ternak kroto yang menguntungkan

Persiapan rak untuk tempat budidaya kroto

Untuk rak yang akan digunakan dalam ternak kroto ini kalian bisa membuatnya sendiri atau yang lebih mudah bisa membelinya, bahan dari rak ini bisa dari kayu, besi, alumunium, pipa atau yang lainnya. Penggunaan rak ini bertujuan agar masing-masing kloni tidak pergi ke kloni yang lain karena mereka bisa saling serang. Ukuran rak standar biasanya memiliki tinggi 1.5m panjangnya 2m dan lebarnya 0.5m.

Persiapan sarang untuk budidaya kroto

Untuk sarang yang biasa digunakan oleh para peternak kroto ialah toples atau pipa namun ada juga yang menggunakan bambu sebagai tempat bersarang semut ngangrang, bila menggunakan toples buatlah lubang dengan diameter 1cm saja pada bagian samping atas toples, lubang ini nantinya digunakan untuk jalan keluar masuknya semut ngangrang.

Persiapan bibit semut rangrang untuk budidaya kroto

Ada dua hal yang bisa kalian lakukan dalam mendapatkan bibit rangrang yaitu dengan cara mencarinya di alam terbuka atau membelinya di tempat penjualan bibit rangrang, bila kalian mendapatkan bibitnya langsung dari alam maka hal yang harus kalian lakukan adalah mengambil semut rangrang beserta sarangnya atau daun lalu diletakkan diatas toples dan biarkan sampai sarang tersebut layu dan semut rangrang pindah sendiri ke toples

Bila bibit yang didapat dari hasil membeli bisa memasukkan semut rangrang pada toples, setelah itu segeralah untuk menutup lubang yang telah dilubangi selama 2 sampai 3 jam agar semut ngangrang bisa beradaptasi dengan tempat barunya.

Persiapan pakan untuk budidaya kroto

Setelah semut rangrang dimasukkan dalam toples dan lubangnya ditutup lalu dibuka kalian bisa memberinya makanan yang disukainya seperti ulat hongkong, gula pasir, jangkrik dan sebagainya yang ditempatkan dalam wadah seperti baki atau nampan plastik dan perlu diingat bahwa tempat pakan itu jangan sampai kosong karena bisa-bisa rangrang stres dan berusaha keluar dari koloni untuk mencari makan.

Demikianlah beberapa informasi cara ternak kroto dengan mudah, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalianĀ  semua, sekian dan terima kasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *