Cara mudah memilih Kambing perah yang bagus

Cara mudah memilih Kambing perah yang bagus

img by @sufyanhadi.wordpress.com

Cara mudah memilih Kambing perah yang bagus – Memulai usaha memelihara Kambing perah bisa menjadi salah satu pilihan alternatife yang baik karena sekarang ini Susu kambing perah mulai banyak yang meminatinya, apalagi sekarang ini di daerah-daerah tertentu masih jarang yang mau memulai usaha ini padahal apabila analisis kedepannya usaha ini memiliki prospek yang bagus karena susu kambing perah memiliki kandungan gizi tinggi. Untuk memulai usaha Kambing perah ini sebenarnya tidak terlalu sulit namun ada beberapa kendala yang sering dialami oleh para orang yang ingin memulai usaha ini yaitu memilih mana kambing perah bagus yang bisa menghasilkan susu yang baik. Untuk memilih kambing perah yang baik itu sebenarnya tidak terlalu sulit, kita cuma harus jeli dalam melihat kambing yang mau dibeli, nanti kalau sudah terbiasa pasti gampang. Untuk memilihnya harus melihat dan memperhatikan hal-hal berikut.

Cara mudah memilih Kambing perah yang bagus

  • Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah ukuran tubuh Kambing perah yang mau dibeli, bila tubuh kambing itu gemuk ada kemungkinan bisa menghasilkan susu perah yang banyak dibandingkan dengan kambing yang berukuran kecil, untuk jenis kambing perah Saanen, Toggenburg, Anglo Nubian pilihlah yang beratnya sekitar 42kg dan untuk jenis kambing Etawa pilihlah yang beratnya minimal 20kg.
  • Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah kesehatan kambing tersebut, kalian harus cermati apakah kambing itu memiliki masalah kesehatan seperti cacat pada tubuhnya, jangan sampai kalian mengabaikan hal ini karena bisa berdampak tidak baik dan juga perhatikan matanya, kambing perah yang sehat matanya terlihat bersinar serta tidak layu.
  • Hal selanjutnya adalah dengan memperhatikan kepribadian atau ekspresi kambing, pilihlah kambing yang jinak karena untuk mempermudah dalam memerah susunya kelak.
  • Hal selanjutnya dengan memperhatikan Ambing kambing perah dimana itu sebagai tempat penghasil susu, pilihlah kambing dengan ambing yang kulit luarnya kencang dan juga tidak lemas, karena kambing yang memiliki ambing yang lemas akan menyulitkan apabila diperah nantinya, perhatikan juga bahwa ambing tersebut harus memiliki penampung dan puting yang sama besarnya dan bila bisa pilihlah puting yang besar dan panjang untuk memudahkan proses memerahnya.

Demikianlah sedikit tips memilih Kambing perah yang bagus, semoga ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua yang ingin memulai usaha Kambing perah, sekian dari saya dan terima kasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *