Cara mengobati penyakit kuning pada ayam

Cara mengobati penyakit kuning pada ayam
Cara mengobati penyakit kuning pada ayam – Ayam merupakan unggas yang memiliki resiko terkena berbagai penyakit hewan, salah satunya penyakit kuning. Penyakit ini juga bisa diderita manusia karena organ hatinya mengalami gangguan, namun untuk ayam sendiri ada beberapa peyebab yang menyebabkan penyakit ini timbul dan menyerang ayam. Penyakit ini akan mengakibatkan ayam yang terkenanya terlihat kuning pada kulitnya dan akan semakin terlihat warna kuning tersebut dalam waktu yang cukup pendek, itu artinya penyakit tersebut sudah semakin parah menjalar ke tubuh ayam.

Ayam yang terkena penyakit kuning biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi pada hati, cacingan yang sudah terjadi cukup lama, radang pada usus, terdapat luka setelah diadu dan yang lainnya. Bila ayam sudah terkena penyakit tersebut maka sebaiknya segera diberikan penanganan yang intensif agar penyakit itu tidak menjalar lebih jauh ke tubuh ayam, lalu pada kesempatan ini akan diberikan cara mengobati penyakit kuning pada ayam dengan obat alami atau tradisonal, dengan menggunakan obat alami ini kecil kemungkinan ayam mengalami efek samping karena bahan yang digunakan tidak mengandung bahan kimia, berikut ini caranya :

  1. Siapkan beberapa bahan tradisional seperti kunyit, daun binahong, daun tapak liman, dan yang terakhir temu putih.
  2. Bila semua bahan sudah terkumbul selanjutnya ambil secukupnya dari beberapa bahan tersebut kemudian tumbuklah semua bahan-bahan tersebut sampai halus.
  3. Peraslah bahan hasil tumbukan tersebut kemudian air hasil perasan tersebut diberikan pada ayam yang terkena penyakit kuning di waktu sore hari secara rutin dalam kurun waktu satu minggu.
  4. Selain air perasannya, ampasnya juga bisa diberikan dengan cara dicampurkan pada pakan yang diberikan.

Demikianlah informasi tentang penyakit kuning pada ayam dan cara mengobatinya, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua tentunya, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *