Cara mengatasi penyakit bubul pada ayam

Cara mengatasi penyakit bubul pada ayam
Cara mengatasi penyakit bubul pada ayam – Dari beberapa penyakit yang sering menyerang ayam, penyakit bubul merupakan┬ásalah satu yang sering terjadi pada ayam. Seperti yang kita ketahui bahwa bubul merupakan penyakit yang sering menyerang ayam pada area telapak kakinya, ketika ayam terkena bubul maka mulai nampak benjolan keras, bila tidak segera ditangani maka benjolan tersebut akan semakin membesar dan mengganggu ayam untuk berjalan sehingga sering ayam yang terkena bubul akan terlihat pincang saat berjalan.

Biasanya penyakit bubul ayam ini muncul karena infeksi yang terjadi pada kaki akibat luka, biasanya ayam yang terkena bubul berusia antara 6 bulan sampai 3 tahun. Bila ayam kalian terlihat tanda-tanda seperti benjolan keras yang terdapat ditelapak kaki maka sebaiknya lakukanlah penanganan secara dini agar benjolan tersebut tidak semakin parah dan menjadikan ayam sulit berjalan, nah berikut ini ada beberapa cara yng mungkin bisa kalian coba untuk mengatasi bubul.

Apabila penyakit bubul belum parah

Bila bubul yang terdapat pada telapak kaki ayam kalian masih belum parah atau benjolannya belum terlihat atau masih kecil maka hal yang bisa dilakukan adalah mensterilkan luka tersebut dengan membersihkan lukanya dari kotoran yang menempel dan memberi alas kandang yang empuk agar penyakit ini tidak bertambah parah. setelah itu bisa diberikan balsem setiap hari pada kaki ayam yang terkena bubul itu, jika lukanya sudah mengecil bisa di berikan obat penyakit kutil colomac dan diplester agar kotoran tidak menempel.

Apabila penyakit bubul sudah parah

Bila bubul pada ayam kalian sudah parah atau terlihat benjolan yang besar maka hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan paku yang seukuran dengan benjolan lalu panaskan sampai panas dan tempelkan pada benjolan bubul itu, ingat hanya pada area penyakit yang terkena bubul jangan sampai mengenai kulit lain. Hentikan penempelan sampai si ayam berontak kesakitan dan ulangi lagi 3 sampai 4 kali setelah itu diumbar pada alas yang empuk, cara ini bisa dilakukan sampai seminggu dan hasilnya bubul ini akan mengecil dan ayam akan berjalan normal atau tidak pincang.

Demikianlah informasi tentang penyakit bubul ayam, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *