Cara menetaskan telur burung puyuh yang perlu kalian ketahui

Cara menetaskan telur burung puyuh yang perlu kalian ketahui

img by @wayanpraka.blogspot.com

Cara menetaskan telur burung puyuh – Telur puyuh merupakan salah satu telur yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, walaupun ukurannya memang terbilang kecil dibandingkan dengan jenis telur yang lainnya namun jangan salah karena telur ini bisa dioleh dengan berbagai cara sehingga bisa menghasilkan masakan yang banyak digemari oleh masyarakat terutama anak-anak sebab ukurannya yang kecil ini mungkin bagi mereka terlihat lucu atau bagaimana, yang jelas permintaan akan telur puyuh ini selalu mengalami peningkatan, sebenarnya tidak hanya telurnya saja yang banyak peminatnya sebab dagingnya pun tak jarang yang menyukainya sehingga sekarang banyak masyarakat yang membudidayakan burung puyuh, baca juga artikel tentang peluang usaha ternak burung puyuh. Untuk para pembudidaya burung puyuh sendiri sangat bergantung pada para pengusaha penetasan telur burung puyuh, peran tersebut memanglah sangat vital mengingat produksi telur yang dihasilkan oleh burung puyuh tidak dalam jangka waktu yang lama sehingga perlu regenerasi, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa informasi terkait dengan tips menetaskan telur burung puyuh.

Seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya bahwa kualitas burung puyuh dapat terlihat dari telurnya sebab telur burung puyuh yang kualitasnya bagus besar kemungkinan akan menetas ketika ditetaskan dan sebaliknya apabila kualitasnya kurang baik maka telur itu tidak akan menetas sehingga bisa menimbukan kerugian yang sangat besar, untuk itu pada kesempatan kali ini selain memberikan teknik menetaskan telur burung puyuh juga memberikan sedikit informasi tentang cara memilih induk burung puyuh yang akan dijadikan sebagai indukan petelur yang akan ditetaskan, untuk selengkapnya bisa disimak dibawah ini.

Cara menetaskan telur burung puyuh yang perlu kalian ketahui

Induk burung puyuh jantan yang baik

  • Berumur paling tidak 2,5 bulan.
  • Badannya tegap dengan kondisinya terlihat sehat.
  • Memiliki bentuk dada yang lebar.
  • Memiliki bentuk kali yang terbuka.

Induk burung puyuh betina yang baik

  • Untu yang betina paling tidak umurnya 4 bulan.
  • Berat badannya sekitar 1,5 sampai 1,6 ons.
  • Bulunya terlihat utuh atau tidak rontok.

Telur yang baik untuk ditetaskan

  • Telur terlihat bersih.
  • Bentuknya terlihat oval.
  • Beratnya antara 10 sampai 11 gram.
  • Cangkang telurnya halus.
  • Tebal cangkang telurnya rata.
  • Terlihat memiliki warna putih serta terdapat corak hitam.

Setelah memilihat syarat induk serta telur diatas pastinya sekarang tinggal melakukan proses penetasannya saja, namun sebelumnya kalian harus mempersiapkan mesin tetas dengan kriteria mampu mejaga suhu dikisaran 38 sampai 390ÂșC, mampu mendistribusikan panas secara merata, memiliki pengatur suhu yang bisa jalan secara otomatis, setelah kalian menyiapkan mesin tetas dengan kriteria minimal seperti diatas baru kalian bisa memulai proses penetasannya, berikut langkahnya.

  1. Telur burung puyuh yang akan ditetaskan ditempatkan dalam penampung telur yang bagian tumpul telurnya mengarah keatas.
  2. Dala sehari kalian harus membalik telurnya sebanyak dua kali pada waktu yang sama setiap harinya supaya seluruh bagian telur terkena panas sepenuhnya.
  3. Telur yang ditetaskan ini akan menetas dalam kurung waktu 16 sampai 17 hari, untuk itu kalian harus telaten menjaga serta merawat telur yang ditetaskan dengan selalu membaliknya agar embrio dalam telur tersebut tidak melekat disalah satu sisi sehingga bisa mengurangi resiko telur tidak menetas.

Demikianlah informasi tentang menetaskan telur burung puyuh, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Comments
  1. hazim

    name saya hazim hakk at saya tengah di kulau lupu saya buat mese menetas telur puyuh bapa saya buat sejara. mebuat telur ini. ppr berigin D-10-16)kpk t.0172416030.telifor 2013

    • Deniarko

      maaf sebelumnya karena saya tidak paham dengan logat masnya

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *