Cara membuat kandang bebek yang tepat

Cara membuat kandang bebek yang tepat

img by @peternakanhajiwawi.com

Cara membuat kandang bebek yang tepat – Dalam usaha ternak unggas khususnya bebek pastinya harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan ternak tersebut, salah satunya adalah kandangnya, kenapa kandang juga harus diperhatikan? sebab kandang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi usaha ternak karena terkait dengan kenyamanan bebek itu sendiri, bila kandang yang digunakan untuk beternak bebek sudah baik dan memenuhi standar pastinya bebek juga akan merasa nyaman menempatinya, lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat kandang? untuk menjawab pertanyaan tersebut maka pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang cara membuat kandang bebek.

Sebelum saya membahas tentang cara membuat kandang bebek, kalian perlu mengetahui beberapa hal sebelum membuat kandang tersebut, diantaranya :

  • Bila kalian ingin membuat kandang bebek yang baik maka tidak harus sama seperti pada gambar yang dicontohkan.
  • Dalam pembuatan kandangnya harus disesuaikan dengan luas tanah yang akan digunakan.

Bila kalian sudah mengetahui hal-hal seperti diatas maka yang selanjutnya adalah tips pembuatan kandang yang tepat, antara lain :

  1. Untuk menjaga kenyamanan bebek maka kandang yang nantinya akan dibuat harus memeliki lantai yang rata dan kering sebab bila lantainya becek maka akan menimbulkan aroma bau yang tidak enak, selain itu bisa mengganggu lingkungan sekitar, baca juga artikel tentang cara mengurangi bau kandang bebek.
  2. Dinding dalam kandang tersebut harus tertutup namun sirkulasi udara yang keluar masuk harus seimbang agar kandang tidak terasa pengap, tujuan dari tertutupnya tersebut agar tidak ada gangguan dari hewan lain yang akan mengganggu kenyamanan bebek.
  3. Dalam kandang tersebut kalian juga harus memperhatikan suhunya, pastikan suhu dalam kandang tersebut tidak panas dan juga tidak dingin, sekitar 27 sampai 30 °C.
  4. Usahakan kandang yang dibuat memiliki ruamg yang cukup karena kebiasaan bebek yang banyak melakukan aktivitas bergantian seperti makan dan minum sehingga ruang yang cukup akan membuat bebek nyaman.
  5. Penerangan yang cukup juga perlu ditambahkan untuk mengurangi resiko bebek terkena stres.
  6. Biasanya bebek merupakan hewan umbaran, maka setelah diumbar dan ingin dimasukkan kandang pastikan kandang tersebut sudah dibersihkan terlebih dahulu agar kotoran tidak menumpuk.
  7. Kandang yang akan dibuat setidaknya memiliki tinggi 2 sampai 3 meter agar peternak yang akan mengurusi bebek tersebut bisa berdiri pada saat masuk kedalam kandang sehingga lebih nyaman dalam melakukan aktivitas dalam kandang.

Demikianlah informasi tentang cara membuat kandang bebek, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *