Cara membuat fermentasi jerami untuk pakan kambing

Cara membuat fermentasi jerami untuk pakan kambing

img by @cucun-farm.blogspot.com

Cara membuat fermentasi jerami untuk pakan kambing – Sebenarnya jerami merupakan makanan untuk sapi tapi┬ábisa juga diberikan kepada kambing, namun tidak secara langsung diberikan begitu saja melainkan butuh difermentasi terlebih dahulu karena pada dasarnya kambing tidak menyukai pakan dari jerami sebab jerami memiliki kadar serat yang tinggi sehingga kebanyakan kambing tidak menyukainya. Sebenarnya tanpa difermentasi mungkin kambing mau memakan jerami tersebut namun dengan catatan harus dibiasakan terlebih dahulu, misalnya saja kambing dihindarkan dari makanannya sehari-hari dalam seminggu dan dalam waktu itu hanya diberikan jerami sebagai makanan utamanya, dalam tempo beberapa hari pasti kambing mau tidak mau memakan jerami tersebut sebab tidak ada makanan lain disekitarnya dan bila hal itu dilakukan secara bertahap pasti lama-lama kambing akan terbiasa. Namun bila kambing memang benar-benar tidak mau memakan jerami tersebut bisa diberikan dengan membuat fermentasi jerami.

Sebenarnya jerami sendiri tidak dianjurkan sebagai pakan untuk kambing sebab kandungan gizinya tidak terlalu tinggi namun karena jerami mudah didapatkan inilah yang membuatnya bisa menjadi salah satu pakan alternatif yang bisa diberikan kepada kambing, baca juga artikel tentang membuat pakan alternatif lele dari ampas tahu. Membuat fermentasi jerami ini sebenarnya bisa meningkatkan nilai gizi pada jerami karena pada saat difermentasi kadar serat kasar pada jerami akan berkuarang dan nilai gizinya akan bertambah, untuk itu pada kesempatan kali ini saya kan memberikan informasi bagaimana membuat fermentasinya. Bila kalian ingin membuatnya maka harus mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan, diantaranya :

Cara membuat fermentasi jerami untuk pakan kambing

  • Jerami sebagai bahan utama.
  • Urea.
  • Plastik.
  • Air.

Setelah bahan tersebut sudah disiapkan semua lalu sekarang saatnya masuk pada tahap pembuatannya.

  1. Langkah pertama dengan membasahi jerami dengan air sampai basah saat digenggam namun tidak ada tetesan air saat diangkat.
  2. Setelah basah lalu tumpuk jerami pada plastik setinggi 15 cm lalu diatasnya ditaburi urea kemudian tumpuk lagi dengan jerami setinggi 15 cm dan taburi lagi dengan urea begitu seterusnya sampai plastik penuh.
  3. Setelah penuh lalu plastik tersebut ditutup hingga rapat dan ditunggu selama 7 hari sebelum bisa diberikan pada kambing.
  4. Setelah 7 hari baru hasil fermentasi tersebut bisa diberikan pada kambing dan jangan lupa bila sudah mengambil pakan tersebut dari plastik untuk tidak lupa menutupnya lagi sampai rapat.
  5. Untuk menambah nutrisi bisa ditambahkan molase atau tetes tebu saat jerami mulai dibasahi, selain untuk menambah nutrisi molase tersebut juga memberikan rasa pada hasil fermentasi yang dilakukan, untuk molasenya sendiri bisa didapatkan di pabrik pengolah gula dari tebu.

Demikianlah informasi tentang membuat fermentasi jerami, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *