Cara budidaya daphnia dengan mudah

Cara budidaya daphnia dengan mudah

img by @microscopetalk.wordpress.com

Cara budidaya daphnia dengan mudah – Mungkin sebagian besar dari kalian masih bertanya-tanya apa itu Daphnia? hal itu memang sering terjadi karena memang hewan ini jarang orang yang mengetahuinya, sebab ukurannya yang kecil sehingga keberadaannya tak terlihat. Dephnia sendiri merupakan krustasea planton yang sering ditemukan pada sungai, kolam ataupun danau air tawar, hewan ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat terutama para pembudidaya ikan untuk dijadikan pakan bibit ikan mereka. Daphnia ini banyak dipilih sebagai pakan ikan karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang dapat membantu dalam pertumbuhan ikan dengan cepat, karena banyak manfaatnya maka masyarakat banyak yang mencoba untuk membudidayakannya, budidaya daphnia memang menjadi salah satu alternatif bidang usaha karena modal yang dikeluarkan tidaklah begitu banyak.

Walaupun tidak membutuhkan begitu banyak modal namun budidaya daphnia membutuhkan perawatan yang intensif mengingat ukurannya yang sangat kecil sehingga rentan akan kematian. Bila kalian memang belum memiliki penghasilan dan sedang mencari usaha apa yang memiliki prospek bagus maka kalian bisa mencoba budidaya ini, bila kalian memang tertarik maka ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan sebelum memulainya, diantaranya :

Cara budidaya daphnia dengan mudah

Persiapan kolam untuk budidaya

Dalam hal ini kolam yang bisa kalian persiapkan bisa berupa kolam dari tanah atau beton, bila tempat yang ingin digunakan sudah siap maka hal selanjutnya adalah dengan membersihkannya lalu mengeringkannya selama 3 hari supaya bakteri dalam kolam tersebut hilang, setelah 3 hari maka selanjutnya kalian bisa mengisi kolam tersebut dengan air tawar setinggi kurang lebih 80 cm lalu diberi 2 karung pupuk dari kotoran ayam, pemupukan ini dilakukan agar kolam tersebut memiliki sumber makanan untuk daphnia yang sedang berkembang biak.

Proses pengembangbiakannya

Langkah awal dari proses ini adalah dengan menaruh indukan daphnia kedalam kolam yang telah dipersiapkan tadi, perkembangbiakannya sendiri tidak memerlukan proses perkawinan sehingga daphnia akan berkembang biak dengan sendirinya. Pada umumnya daphnia akan menghasilkan bibit sekitar 7 sampai 12 hari setelah bibit ditebar, daphnia yang baru lahir berukuran 0.8 mm sedangkan yang dewasa sekitar 2.5 cm. Agar daphnia dapat bereproduksi dengan baik maka kalian harus memperhatikan kualitas air dalam kolam, pastikan suhu tidak melebihi 28 ÂșC dengan pH harus berada sekitar 6, 3, -6, 7, pengecekan bisa dilakukan setiap hari supaya proses berkembangnya dapat diamati dengan baik.

Cara untuk memanennya

Setelah kurang lebih 12 hari dari awal penebaran benih maka bibit dephnia bibit dephnia akan muncul, dari situlah proses memanen dapat dimulai, untuk melakukan pemanenan maka hal yang harus dipersiapkan adalah alat-alat yang akan digunakan. diantaranya seser atau jaring yang lembut, baskom yang sudah diisi air. Langkah memanennya cukup dengan mengambil dephnia pada kolam dengan menggunakan jaring lalu bisa dipindahkan dalam baskom, sebaiknya dalam memanen hewan ini dilakukan pada saat siang hari atau saat matahari terik karena pada saat ini dephnia akan muncul ke permukaan, hal ini akan mempermudah dalam memanennya.

Demikianlah informasi tentang budidaya dephnia, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *