Berbagi tips merawat burung jalak suren dengan baik

Berbagi tips merawat burung jalak suren dengan baik

img by @suarakicauburung.com

Berbagi tips merawat burung jalak suren dengan baik – Burung jalak suren merupakan salah satu burung kicau yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, bila kalian belum tahu tentang jalak suren bisa membaca di artikel saya sebelumnya yaitu sekilas tentang burung jalak suren. Dalam perkembangannya jalak suren menjadi salah satu burung kicau yang populer di kalangan masyarakat berkat kecerdasannya yang mampu menirukan berbagai jenis suara burung lain, selain itu burung ini juga selalu mengeluarkan suaranya bila ada orang lewat atau ada sesuatu disekitarnya. Namun walaupun burung ini sangat cerewaet namun banyak orang yang menyukainya karena dinilai bisa sebagai penjaga rumah tapi agar burung itu mau berkicau terus kalian juga harus merawat burung jalak suren dengan cara yang baik.

Untuk kalian yang sudah lama memelihara burung kicau pastinya tahu teknik-teknik perawatan burung dengan baik namun bagi kalian yang masih newbie dalam urusan rawat-merawat burung mestinya harus memperhatikan beberapa hal karena merawat burung jalak suren itu harus dilakukan dengan benar agar burung tidak stres dan selalu berkicau.

Berbagi tips merawat burung jalak suren dengan baik

  • Kebersihan kandang bisa menjadi salah satu hal yang harus terus dijaga supaya tidak kotor yang berakibat munculnya kuman-kuman berbahaya, selain itu tempat pakan burung harus diganti minimal 3 hari sekali dan untuk tempat minumnya paling tidak diganti sehari sekali.
  • Di pagi hari jalak suren bisa dijemur namun sebelum dijemur sebaiknya diangin-anginkan terlebih dahulu di teras rumah selama 1.5 sampai 2 jam baru burung itu siap dijemur, untuk waktu penjemurannya sendiri yang baik antara jam 8 pagi sampai 11 siang karena diwaktu tersebut sinar matahari masih menyehatkan.
  • Untuk pakannya sendiri biasanya pakan utamanya berupa voer dan juga bisa diberi makanan tambahan berupa buah-buahan seperti pisang, pepaya, sawo dan lain sebagainya, selain itu untuk menambah nilai gizinya bisa diberi jangkring, kroto, dan ulat hongkong yang bisa didapatkan di toko pakan burung.
  • Untuk pemandiannya bisa diberikan bak untuk mandi yang ditaruh dalam kandang yang nantinya burung itu akan mandi sendiri atau bisa juga dengan spray yang disemprotkannya ke seluruh tubuh sampai basah.
  • Stamina jalak suren juga harus selalu terjaga dengan cara melatihnya, untuk melatih stamina jalak suren bisa dilakukan dengan mengumbarnya pada kandang umbaran.
  • Supaya dapat menirukan jenis suara burung lain bisa memasternya dengan burung seperti kenari, lovebird dan yang lainnya.
  • Mental juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan, untuk melatih mentalnya bisa dengan mendekatkannya denga jalak suren yang lain.

Demikianlah beberapa informasi merawat burung jalak suren yang baik, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *