Berbagai macam penyakit pada kucing yang harus kamu ketahui

Berbagai penyakit pada kucing yang harus kamu ketahui

img by @bukandoktorveterinar.blogspot.com

Berbagai macam penyakit pada kucing yang harus kamu ketahui – Selamat datang di blog InfoPeternakan ini, setelah dalam beberapa waktu lalu saya memberikan informasi tentang jenis kucing yang populer di Indonesia lalu pada kesempatan kali ini saya juga akan membahas seputar kucing, namun yang mau saya ulas ini berkaitan dengan macam penyakit pada kucing, seperti halnya dengan manusia, kucing juga bisa memiliki resiko terkena gangguan kesehatan bila mana gangguan tersebut berupa penyakit yang mungkin menyerang kucing pada waktu tertentu, penyakit yang sering menyerang kucing itu dibedakan menjadi 2 golongan, yang pertama golongan ringan dan yang kedua golongan berat, dari kedua golongan tersebut biasanya yang memiliki dampak besar terhadap kesehatan kucing ialah golongan berat sebab golongan tersebut merupakan kumpulan penyakit yang bisa menyerang kucing dengan resiko yang besar seperti kematian.

Ada berbagai hal yang menjadi penyebab kucing terserang penyakit, mulai dari faktor kesehatan kucing itu yang memang lemah, tertular dari kucing lain, atau sebab yang lainnya, namun yang pasti penyakit pada kucing tersebut hendaknya segera diberikan pertolongan sebab bila cuma dibiarkan saja akan ada kemungkinan yaitu kucing bisa sembuh dengan sendirinya atau penyakit tersebut malah semakin parah dan bisa mengancam jiwanya. Resiko yang akan timbul dari penyakit kucing tersebut memang banyak, untuk itu dalam mengurangi resiko kucing terserang penyakit bisa melakukan pencegahan agar kemungkinan terserang penyakit itu kecil, nah untuk itu kali ini saya akan membahas mengenai beberapa penyakit yang mungkin menyerang kucing beserta pencegahan dan pengobatannya apabila sudah terlanjur terkena.

Berbagai macam penyakit pada kucing yang harus kamu ketahui

Flu kucing

Penyakit ini dapat menyerang kucing karena berbagai faktor seperti tertular dari kucing lain, faktor cuaca, faktor kehujanan, dan yang lainnya, gejala yang timbul sari penyakit ini sebenarnya hampir sama dengan flu yang sering dialami manusia yaitu dengan pilek serta bersin-bersin. Penyakit ini bisa dicegah dengan mengeringkan dengan segera kucing yang kehujanan, lalu apabila sudah terlanjur terkena bisa membawanya ke dokter hewan terdekat supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, jika yang terkena kucing dewasa sih sebenarnya tidak membahayakan namun apabila yang terkena itu anak kucing bisa sangat berbahaya.

Penyakit kulit

Ada berbagai hal yang berakibat kucing terkena penyakit ini seperti, gigitan kutu, terdapat parasit atau jamur pada kulit, sebenarnya penyakit ini tidak berbahaya dan tidak mengancam jiwanya namun bila kucing terkena penyakit ini akan terlihat kasihan, untuk pencegahannya bisa dengan menjaga kebersihan kucing seperti rutin memandikannya dan membersihkan kandangnya. Apabila kucing sudah terkena penyakit ini bisa diobati dengan lotion anti jamur, lalu jika penyakit tersebut karena kutu bisa membasmi kutu tersebut dengan shampoo anti kutu yang bisa kalian dapatkan di pet shop.

Infeksi telinga

Biasanya penyakit ini sering menyerang kucing karena banyaknya kuman dalam telinga yang ditandai dengan bau yang tidak sedap dari kuping kucing serta daun telinganya terlihat lecet. Untuk mencegah agar penyakit ini tidak menyerang kucing bisa dengan membersihkan kupingnya secara rutin dan apabila sudah terlanjur terkena bisa memberikannya obat tetes yang bisa didapat di pet shop.

Sakit tulang belakang

Penyakit ini ditandai dengan gemetarnya kucing ketika sedang mau berdiri, penyakit ini tidak terlihat kasat mata karena yang sakit biasanya organ dalamnya, penyakit ini biasanya timbul akibat pukulan benda atau jatuh dari ketinggian. Untuk mengobati kucing yang terkena penyakit ini bisa dengan mengolesinya dengan balsem anti kesleo yang juga sering dipakai oleh masyarakat.

Distemper

Penyakit ini terjadi karena virus yang yang sering menyerang usus, perlu kalian ketahui bahwa penyakit ini bisa menyerang kucing yang lain sehingga apabila kucing kalian mengalami tanda-tanda seperti malas makan, demam, lesu, muntah-muntah, diare, badannya kaku harus segera dilakukan pengobatan sebab bila sampai terlambat dikawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kematian. Pengobatan yang bisa kalian lakukan dengan membawanya kedokter hewan dan melakukan pembersihan semua benda yang pernah tersentuhnya dengan cairan desinfektan.

Feline infectious enteritis

Penyakit ini terjadi karena kucing kehilangan sel darah putih dengan jumlah yang banyak, perlu kalian semua bahwa penyakit ini bisa menular dan efeknya bisa sampai mengalami kematian, biasanya penyakit ini rawan menyerang anak kucing yang masih kecil. Ciri-ciri kucing yang terserang penyakit ini ialah demam, diare, tidak nafsu makan, serta muntah-muntah, langkah pengobatan terbaiknya bisa dengan membawanya ke dokter hewan.

Demikianlah informasi penyakit pada kucing, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dan terima kasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *