Berbagai jenis Penyakit yang bisa menyerang Kambing serta Gejalanya

Berbagai Jenis Penyakit yang Bisa menyerang kambing serta Gejalanya

img by @nangimam.blogspot.com

Berbagai Jenis Penyakit yang Bisa menyerang kambing serta Gejalanya – Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dibudidayakan oleh para masyarakat, usaha kambing sendiri bisa dibilang cukup menjanjikan karena banyak yang membutuhkan daging kambing itu sendiri, apalagi pas Hari Raya Qurban pasti banyak yang mencari hewan ini dan bahkan harganya pun bisa naik melejit, maka tidak heran banyak masyarakat yang menernaknya. Namun bagaimanapun juga kambing itu makhluk hidup dan pasti punya yang namanya penyakit yang bisa menyerang, jenis penyakit kambing sendiri ada bermacam-macam dari yang biasa sampai yang kronis yang bisa membuat kematian dan berikut saya akan memberikan informasi tentang berbagai penyakit yang bisa menyerang kambing.

Berbagai Jenis Penyakit yang Bisa menyerang kambing serta Gejalanya

 

Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan merupakan salah satu jenis penyakit kambing yang memiliki gejala kambing susah saat buang kotoran, kotoran yang dikeluarkan pada awalnya keras lalu kemudian lunak dan akhirnya mencret, yang mengakibatkab bulu disekitaran anus menjadi kotor, Selain itu, perut kambing terlihat lebih besar, bulunya terlihat kasar dan juga kambing terlihat lesu.

Penyakit Mencret atau diare

Gejala dari penyakit ini ialah Feses menjadi lembek sampai cair dan kadang-kadang mengeluarkan darah atau ada zat lain yang menyertainya seperti selusus, cacing, dan lain-lain.

Penyakit Pink Eye

Gejalanya Mata dari kambing itu berair, matanya terlihat memerah, kelopak matanya terlihat bengkak dan cenderung menjulingkan mata untuk menghindari sinar matahari.

Penyakit Belatungan ( MYASIS )

Gejalanya ialah terdapat Belatung yang terlihat bergerakpada bagian yang sedang luka, Bila belatungan pada kaki atau teracak maka kambing terlihat pincang.

Penyakit Kembung

Gejalanya ialah diam serta nafsu makan berkurang, terlihat sesak nafas, sisi perut bagian kiri mengembung atau menonjol, dan apabila ditepuk bersuara seperti drum.

Penyakit ACIDOSIS (Asam berlebih dalam darah)

Gejalanya ialah perut terlihat kembung (bloat), tidak nafsu makan, mencret atau diare berat, nampak dehidrasi, giginya bekertak, hewan terlihat lemah, goyah dan sulit untuk mampu berdiri.

Penyakit SCABIES (KUDIS)

Gejalanya terdapat kerak pada permukaan kulit, kambing selalu menggesekan bagian kulit yang terserang kudis, bulunya rontok, kulitnya menjadi lebih tebal dan kaku, pada kasus yang berat bagian muka dan mulut yang berwarna kemerahan atau mengering.

Penyakit Pneumonia

Gejala dari penyakit ini ialah kambing terlihat demam, keluar ingus dari hidung, batuk-batuk dan terlihat sesak nafas, bila sudah parah kambing tidak akan bergerak karena paru-parunya sakit.

Penyakit Mastitis

Gejala yang timbul dari penyakit ini ialah terlihat Demam dan susu tubuh meningkat, ternak kelihatan kesakitan bila ambingnya disentuh dan putting terlihat membengkak.

Penyakit Keracunan Tanaman

Gejala yang tibul dari penyakit ini bisa mati mendadak dengan mengeluarkan busa pada mulutnya, selaput lendir terlihat kebiruan, kulit atau eksim mengelupas serta terjadi pendarahan.

Penyakit Antraks

Gejalanya ialah terlihat demam tinggi, badan terlihat lemah, dan tubuhnya gemetaran, pernafasan terganggu, kelenjar dada terlihat membengkak. Dan juga leher, alat kelamin, dan badan dipenuhi bisul.
Terkadang juga terlihat darah yang keluar dari lubang hidung, telinga, mulut, anus, atau alat vital lain.
Lalu kotorannya terlihat cair dan sering bercampur darah.

Penyakit Prolapsus Uteri

Penyakit ini biasanya diakibatkan oleh berbagai macam sebab seperti anak yang terlalu besar, merejan yang terlalu lama dan terlalu lama tidak di bantu oleh tenaga medis serta manajemen pakan yang buruk.

Penyakit Radang Kuku atau Kuku Busuk

Gejalanya ialah sekitar celah kuku bengkak dan mengeluarkan cairan putih keruh, kulit kuku mengelupas, tumbuh benjolan yang menimbulkan rasa sakit, kambing pincang dan akhirnya kambing mengalami kelumpuhan.

Demikianlah beberapa jenis penyakit kambing dan juga gejala yang timbul akibat penyakit itu, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi tentang penyakit kambing, sekian dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *