Berbagai jenis penyakit ikan lele serta cara pengobatannya

Berbagai jenis penyakit ikan lele serta cara pengobatannya

img by @matausaha.blogspot.com

Berbagai jenis penyakit ikan lele serta cara pengobatannya – Budidaya ikan lele memang menjadi salah satu usaha yang banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia karena prosesnya yang mudah serta keuntungan yang bisa didapatkannya lumayan menjanjikan. Ada berbagai jenis ikan lele yang banyak diternak oleh masyarakat namun kebanyakan lebih suka membudidayakan ikan lele dumbo karena bobotnya yang tergolong tinggi, baca juga  artikel tentang jenis ikan lele untuk dibudidaya. Walaupun budidaya ikan lele tergolong mudah namun ada beberapa kendala yang sering dihadapi oleh peternak, salah satunya tentang jenis penyakit ikan lele yang sering menyerang lele hasil ternak masyarakat.

Berbagai jenis penyakit ikan lele yang sering menyerang lele hasil budidaya peternak kiranya sangat mengganggu karena bisa menimbulkan kerugian yang besar, untuk jenis penyakitnya sendiri ada berbagai jenis dengan berbagai gejala dan dampak yang akan terjadi, bila ikan lele sudah terlihat tanda-tanda yang tidak seperti biasanya maka lakukanlah tindakan secepatnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dibawah ini ada berbagai penyakit ikan lele yang disertai gejala dan cara pengobatannya, selengkapnya bisa dilihat dibawah ini.

Berbagai jenis penyakit ikan lele serta cara pengobatannya

Penyakit ikan lele karena jamur

Penyebab yang terjadi sering menyerang ikan lele yang jaringan tubuhnya mati atau ikan yang kondisinya sedang lemah, gejala yang timbul dari penyakit ini ialah ikan seperti ditumbuhi benang halus kayak kapas, biasanya sering menyerang kepala, sirip, dan bagian tubuh lainnya, untuk pengobatannya bisa dengan cara menyiapkan bahan-bahan seperti garam dapur dengan komposisi 1 kg untuk setiap 25 m² , 5 liter air bersih, 1 botol cuka, lalu campurkan semua bahan tersebut dan sebarkan kedalam kolam secara merata.

Penyakit ikan lele yang terdapat bintik putih dan gatal

Penyebab dari penyakit ini ialah protozoa yang sering muncul dalam kolam yang sudah lama tergenangi air, gejala dari penyakit ini ialah munculnya bintik putih pada insang, untuk mengatasi penyakit ini bisa diberikan garam dapur yang disebarkan dalam kolam selama 2 sampai 3 kali secara berturut-turut.

Penyakit ikan lele karena cacar

Penyebab akan penyakit ini ialah baktei Aeromonas dan Pseudomonas, gejala yang timbul dari penyakit ini ialah timbulnya borok pada ikan lalu rusaknya hati, limpa dan daging, untuk mengobatinya bisa diberikan tumbukan daun pepaya mentah dengan tambahan garam dapur yang ditaburkan di dalam kolam secara merata.

Penyakit ikan lele karena cacar

Penyakit ini bisa menyebabkan menurunnya nafsu makan yang ditandai dengan pernapasan ikan terganggu, keluarnya lendir, warna ikan pucat dan siripnya menguncup, untuk mengobatinya bisa dilakukan dengan cara mengganti seluruh air kolam lalu menebarkan garam halus kedalam kolam.

Penyakit ikan lele karena parasit

Penyakit ini sering menyerang ikan lele pada bagian insang dengan gejala ikan sering berputar-putar dan juga menggantung dipermukaan air, pengobatan yang bisa dilakukan ialah dengan merendam ikan di larutan formalin konsentrasi 15 sampai 20 ppm.

Demikianlah informasi tentang jenis penyakit ikan lele, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *