Berbagai jenis kucing yang sering ditemui di Indonesia

Berbagai jenis kucing yang sering ditemui di Indonesia

img by @situshewan.com

Berbagai jenis kucing yang sering ditemui di Indonesia – Kucing merupakan salah satu binatang yang mudah ditemui di berbagai daerah baik itu dipelihara ataupun liar, di Indonesia sendiri kucing memang banyak dipelihara oleh masyarakat untuk menjaga rumah dari hewan pengganggu seperti tikus yang sering mengganggu ketenangan rumah. Saat ini memang banyak jenis kucing di Indonesia yang sering ditemui, namun kebanyakan memang kucing biasa atau kucing kampung karena kucing tersebut tidak memiliki harga jual yang tinggi, lain halnya dengan kucing hias yang banyak diburu oleh orang-orang penghobi kucing karena bentuk tubuhnya yang lebih menarik serta yang paling utama ialah harga jualnya yang bisa mencapai jutaan rupiah.

Dari berbagai jenis kucing di Indonesia, semuanya memiliki ciri masing-masing baik itu dari bentuk tubuh, warna bulu dan yang lainnya namun yang tidak membedakan ialah suaranya yang saya yakin pasti kalian semua sudah pada tahu, baca juga artikel tentang cara merawat kucing persia. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang jenis kucing yang populer serta sering ditemui, untuk lebih detailnya kalian bisa membacanya dibawah ini.

Berbagai jenis kucing yang sering ditemui di Indonesia

Jenis kucing persia

Kucing ini termasuk dalam kategori kucing hias karena bulunya yang lebat sehingga terlihat lucu, kucing jenis ini memang sangat populer dipelihara bagi para penghobi kucing karena selain terlihat lucu kucing ini juga memiliki harga jual yang tinggi sehingga tidak heran kucing ini banyak yang membudidayakannya.

Jenis kucing anggora

Kucing ini merupakan salah satu ras tertua yang asalnya dari Angora, kucing ini bisa dibilang hampir mirip dengan kucing persia bila kalian melihatnya secara sekilas namun bila kalian melihatnya secara detail akan ada perbedaan yang terlihat, kucing jenis ini memang dikenal dengan kecerdasannya sehingga akan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru jadi kalian tidak usah kawatir bila ingin memeliharanya.

Jenis kucing exotic

Kucing jenis ini mungkin tidaklah terlalu familiar bagi sebagian orang sebab kucing yang lebih banyak dikenal masyarakat ialah jenis persia, anggora dan yang lainnya namun sebenarnya kucing exotic merupakan versi bulu yang lebih pendek dari kucing persia, kucing ini merupakan hasil silangan dari kucing persia dengan kucing American shorthair. Banyak kesamaan antara kedua jenis kucing tersebut seperti tempramennya dan juga termasuk beberapa gangguan kesehatannya yang sering terjadi.

Jenis kucing maine coon

Kucing ini terlihat mirip seperti kucing hutan Norwegia karena diduga merupakan hasil silangan antara kucing anggora dengan kucing hutan Norwegia, ciri khas dari kucing ini ialah memiliki ekor yang mirip dengan ekor musang. Selain itu kucing ini juga sedikit mengalami gangguan genetik seperti memiliki jari kaki yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kucing yang lain namun sekarang kelainan itu sudah sangat jarang ditemui.

Jenis kucing himalaya

Jenis ini merupakan hasil silangan antara kucing persia dengan kucing siam, itu terlihat karena bulunya yang panjanng dan lebat hampir diseluruh bagian tubuhnya. Sama halnya dengan kucing persia, kucing ini memiliki tubuhnya yang terlihat bulat dan kakinya yang pendek mengakibatkan susahnya untuk melompat dibandingkan dengan kucing dari ras yang lainnya.

Jenis kucing bengal

Kucing ini merupakan hasil persilangan antara kucing American shorthair dengan Asian leopart cat atau sering disebut dengan Blacan, kucing ini termasuk dalam kategori yang harga jualnya mahal karena harga dari kucing ini bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta. Ciri khas dari kucing ini ialah memiliki bulu dengan pola seperti macan tutul namun karena memiliki darah domestik sehingga menjadikannya jauh lebih jinak.

Jenis kucing kampung

Kucing jenis ini pastinya kalian sering menemuinya karena hampir disetiap daerah dan tempat bisa kalian temui, kucing ini juga tidak jarang yang memeliharanya namun banyak juga yang menelantarkannya karena harga jualnya juga tidak ada dan juga diimbangi dengan perkembiakannya yang sangat cepat sehingga kebanyakan kucing ini hanya terlantar dan menjadi kucing liar.

Demikianlah informasi tentang jenis kucing di Indonesia yang populer di kalangan masyarakat, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *