Berbagai jenis kelinci lop beserta cirinya masing-masing

Berbagai jenis kelinci lop beserta cirinya

img by @dompi.co.id

Berbagai jenis kelinci lop beserta cirinya – Kelinci merupakan hewan lucu yang banyak digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa, salah satu jenis kelinci yang menurut saya sangat lucu dan menggemaskan ialah jenis kelinci lop karena jenis ini merupakan jenis kelinci hias yang memiliki bulu yang panjang dan lembut serta telinganya yang menggantung kebawah semakin membuatnya terlihat lucu dan imut. Karena itulah banyak yang memelihara jenis kelinci ini baik itu untuk hiasan atau pun untuk diternak sebagai usaha, baca juga Tips untuk berternak kelinci, jadi tak jarang banyak masyarakat yang memiliki usaha ternak kelinci karena dinilai dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan besar.

Seperti yang kita semua tahu bahwa kelinci lop merupakan salah satu jenis kelinci hias yang banyak diminati selain jenis kelinci hias lainnya seperti kelinci anggora, namun untuk kelinci lop sendiri terlihat berbeda dengan jenis yang lain karena memiliki beberapa jenis dengan berbagai variasi warna bulu dan corak yang berbeda-beda, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberukan informasi tentang beberapa jenis kelinci lop yang bisa kalian lihat dibawah ini.

Berbagai jenis kelinci lop beserta cirinya masing-masing

Jenis English lop

Jenis ini bisa dikatakan asal usul atau nenek moyang dari kelinci lop yang ada saat ini, kenapa bisa demikian karena di dalam naskah kuno hierogliph mesir terdapat gambar kelinci lop ini jadi bisa diambil kesimpulan bahwa kelinci lop ini memang ada sudah sejak lama. English lop sebenarnya merupakan kelinci lokal yang berasal dari daratan Afrika tepatnya di Aljazair, ciri dari kelinci English lop ini telinganya yang panjang, tipis serta menggantung ke bawah, berat dari kelinci ini bisa mencapai 4.5 kg atau bahkan bisa lebih.

Jenis French lop

Seperti namanya yaitu French, jenis ini pertama kali dikenal di Prancis pada tahun 1850an, jenis ini merupakan hasil persilangan antara English lop dengan Giant normande, untuk cirinya sendiri memiliki tubuh yang kuat, bagian atas kepalanya terlihat kotak dan menunduk, telinganya terlihat tebal dan juga menggantung ke bawah. Jenis ini bisa hidup antara 5 sampai 7 tahun dengan bobot bisa mencapai 6 kg.

Jenis Holland lop

Seperti namanya saja pasti kalian sudah mengira kalau jenis ini berasal dari Belanda, kelinci ini awal mulanya dari seorang peternak bernama Adrian de chock pada tahun 1951 yang merupakan kelinci silangan antara english lop, french lop dan nederland dwarf. Ciri dari jenis ini adalah memiliki kepala yang bulat, mukanya terlihat pesek, badannya yang lebar, dadanya terlihat berisi serta telinganya yang kecil terlihat menggantung kebawah. Bila dilihat-lihat holland lop ini irip dengan anjing dan berat standarnya sekitar 1.5 kg.

Jenis Mini lop

Jenis kelinci ini juga sering disebut german, jenis ini merupakan hasil persilangan antara french lop, holland lop dan chinchillia, kelinci ini di kembangkan di Jerman pada tahun sekitar 1972. Ciri yang dapat diamati dari jenis ini ialah mukanya terlihat lebar, telinganya lebar serta menggantung kebawah, umur dari jenis ini bisa dikatakan lama karena bisa hidup sampai 12 tahun dengan berat mencapai 2.7 kg.

Jenis American fuzzy lop

Jenis ini merupakan hasil persilangan antara kelinci holland lop dengan french anggora, diperkenalkan pertama kali pada tahun 1985 pada konvensi ARBA yang sebelumnya telah dikembangkan di Amerika. Ciri yang dapat dilihat dari jenis ini ialah mukanya terlihat pesek serta lebar, memiliki bulu yang tebal dan halus yang menyelimuti tubuhnya, telinganya terlihat pendek dan menggantung, untuk bobot tubuhnya sendiri sekitar 1.5 kg.

Demikianlah informasi tentang berbagai jenis kelinci lop, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian yang ingin memelihara kelinci lop atau bahkan membudidayakannya, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *