Berbagai jenis ikan hias air tawar yang populer di Indonesia

Berbagai jenis ikan hias air tawar yang populer di Indonesia

img by @ikanhias.blogdetik.com

Berbagai jenis ikan hias air tawar yang populer di Indonesia – Seperti yang kita semua tahu bahwa ikan hias air tawar banyak disukai oleh para penghobi ikan, banyak dari mereka yang tidak hanya memelihara satu jenis ikan hias saja karena dari segi perawatannya tidak membutuhkan biaya banyak dan mudah untuk dibudidayakan dari pada ikan laut. Ngomong-ngomong soal ikan hias, ada banyak sekali jenis ikan hias yang bisa hidup di air tawar dengan berbagai jenis, bentuk dan warna yang menjadikannya terlihat indah, karena keindahan itulah banyak masyarakat yang memeliharanya atau bahkan membudidayakannya.

Ikan hias tidak hanya sebagai pelengkap ruangan supaya lebih indah tapi menurut sebagian orang memelihara ikan hias air tawar itu akan mendapatkan hoki dan juga rezeki, namun ada juga yang menganggapnya tidak benar. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis ikan hias yang bisa menjadikan potensi budidaya ikan hias karena terdapat 400 spesies lebih dari total 1.100 yang tersebar diseluruh perairan Indonesia. Dari banyaknya jenis ikan hias, ada beberapa yang populer yang banyak dipelihara atau kalian pun sering menjumpainya, diantaranya adalah

Berbagai jenis ikan hias air tawar yang populer di Indonesia

Ikan Louhan

Jenis ikan ini banyak digemari oleh penghobi ikan hias karena memiliki sisik yang indah dan seperti menyala, selain itu jenis ikan ini memiliki keunikan pada kepalanya yang terdpat benjolan, ikan ini merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis ikan cichlid jadi sifatnya terlihat agresif apalagi bila dilepas diperairan bebas akan menjadi predator bagi jenis ikan yang lainnya.

Ikan Arwana

Jenis ikan ini dinilai memiliki harga jual yang tinggi, di event Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) kabarnya arwana jenis Super Red Albino bisa terjual seharga Rp.1 Milyar, angka itu terbilang fantastis karena ikan ini merupakan golongan ikan purba yang telurnya saja bisa sebesar telur burung puyuh.

Ikan Koki

Jenis ini kabarnya berasal dari Cina dan dikembangkan di Jepang, karena varietasnya berkembang pesat sehingga menghasilkan varietas baru berbentuk bulat, pendek, benjol dan juga bersirip panjang. Ikan koki memiliki berbagai warna yang ditentukan oleh kandungan pigmennya.

Ikan Koi

Jenis ikan yang pertama kali dipopulerkan di Jepang ini merupakan hasil silangan beberapa ikan strain ikan mas yang kemudian memiliki warna kombinasi merah dan putih yang begitu indah sehingga dikenal dengan nama koi.

Ikan Cupang

Jenis ikan yang habitat aslinya berada di rawa-rawa daerah tropis ini merupakan salah satu ikan yang populer di Asia tenggara termasuk Indonesia, ikan ini dapat hidup di air dengan volume rendah dan minim oksigen, selain sebagai ikan hias ikan ini juga sering digunakan sebagai ikan aduan.

Ikan Discus

Jenis ikan yang terlihat ramping ini berasal dari perairan Amazon, disebut discus karena bentuk tubuhnya seperti piringan disc dengan warna yang atraktif, selain itu ikan ini memiliki ketenangan dan pergerakannya lembut.

Ikan Oscar

Jenis ikan yang hampir mirip dengan ikan nila ini memiliki warna dasar hitam serta dibalut warna orange yang menonjol.

Ikan Guppy

Jenis ikan ini awalnya berasal dari Amerika tengah namun lama kelamaan menyebar ke perairan Indonesia tubuhnya yang unik karena ukurannya yang kecil serta warna warni, ikan ini dinilai bisa mudah dikembangkan karena dalam sekali pembiakan seekor guppy dapat menghasikan 30 sampai 100 ekor anakan.

Ikan Neon Tetra

Jenis ikan yang memiliki warna biru trang dibagian punggungnya dan putih perak dibagian abdomennya ini berasal dari Amerika latin, untuk melihat keindahannya secara keseluruhan biasanya ikan ini dipelihara dalam jumlah banyak.

Ikan Manfish

Jenis ikan ini memiliki tubuh yang menarik dengan warna yang menawan, pergerakannya yang tenang serta kalem ini tampak seperti melayang, bentuk tubuhnya yang pipih seperti layangan ini memiliki berbagai variasi warna.

Ikan Komet

Jenis ikan ini memiliki warna yang indah serta eksotis yang menjadikannya banyak yang menggemari, gerakan dari ikan ini sangat lincah dan ketika masih kecil ikan ini memiliki ekor yang tidak lebar tapi setelah dewasa ekornya akan terlihat semakin melebar.

Demikianlah beberapa jenis ikan hias air awar yang populer dikalangan penghobi ikan, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari referensi ikan hias, sekian dari saya dan terima kasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *