Beberapa Tips Usaha Beternak Kelinci Pedaging

Beberapa Tips Usaha Beternak Kelinci Pedaging

img by @berkelinci.blogspot.com

Beberapa Tips Usaha Beternak Kelinci Pedaging – Kelinci merupakan hewan yang lucu, apalagi jika masih kecil itu sangat menggemaskan, bulu lembut yang menyelimutinya itu seakan ingin terus kita pegang lalu di elus-elus. Namun dari kelucuan hewan ini ada peluang usaha menjanjikan yang menguntungkan yaitu usaha beternak kelinci, sebenarnya ada banyak jenis kelinci seperti kelinci hias, kelinci pedaging dan yang lainnya namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas usaha budidaya kelinci pedaging, kenapa saya pilih topik ini karena menurut saya usaha ini memiliki prospek yang cerah sebab didaerah saya sendiri masih jarang yang menggeluti usaha ternak kelinci ini.

Sempat saya berfikir sendiri untuk memulai usaha beternak kelinci ini karena selain bisa diambil untuk dibeli oleh para penjual, kelinci ini juga bisa kita jadikan usaha yang lain yaitu sate kelinci, didaerah saya sendiri sate kelinci masih jarang ditemui dan itu bisa kita manfaatkan sebagai usaha yang menggiurkan, bayangkan saja apabila kita mempunyai usaha sate kelinci dengan dengan bahan baku daging kelinci yang kita dapat dari peternakan kita sendiri, bukankah itu akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Namun sebelum melangkah lebih jauh disini saya akan memberikan beberapa tips bagi kalian yang tertarik untuk usaha ternak kelinci pedaging ini, sebenarnya untuk memulai usaha ini tidaklah terlalu rumit tapi hanya saja kita perlu modal yang tidak sedikit bila usaha ternak kelinci ini ingin dijadikan usaha yang besar. Bila anda tertarik untuk memulai usaha ini bisa mengikuti tips berikut.

Beberapa Tips Usaha Beternak Kelinci Pedaging

  • Mempersiapkan sarana perlengkapan

Langkah awal yang mungkin harus dipersiapkan adalah mempersiapkan sarana perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha ini seperti membuat kandang yang sudah dipersiapkan untuk memisahkan yang jantan dan betina dan kandang untuk memisahkan kelinci sesuai umur.

  • Pemilihan Bibit Kelinci yang unggul

Pemilihan bibit kelinci yang unggul memang hal yang penting karena ini sangat berpengaruh terhadap berhasil tidaknya usaha ini, bibit kelinci yang unggul bisa kalian lihat dari kriteria berikut ini

– Cari bibit dengan bulu yang halus serta tidak rontok.

– Carilah yang bentuk ekornya mengikuti arus tulang punggung yang naik.

– Cari kelinci yang fisiknya tegap dan gerakkannya lincah.

– Dan yang terakhir nafsu makannya harus baik, sebab itu menandakan kelinci yang sehat.

  • Mengetahui penyakit yang bisa menyerang kelinci

Penyakit yang sering menyerang kelinci biasanya berasal dari kurang bersihnya kandang kelinci yang mengakibatkan banyak kuman yang menumpuk sehingga mengakibatkan berbagai penyakit pada kelinci seperti kudis, eksim, penyakit kulit kepala, penyakit mata, penyakit telinga yang disebabkan oleh kutu dan bisul. Untuk itu jagalah kandang selalu bersih agar kelinci bisa sehat dan juga jangan lupa untuk menjaga asupan nutrisi pada makanannya agar tetap sehat.

  • Manajemen Modal

Manajemen modal secara rinci ini penting untuk kalian lakukan sebab ini akan memudahkan dikemudian hari untuk menghitung seberapa untung ruginya dikemudian hari jadi anda bisa tahu apakah beternak kelinci yang anda lakukan untung atau malah merugi.

Demikianlah sedikit tips usaha beternak kelinci, semoga ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua yang ingin memulai usaha budidaya kelinci, sekian dari saya dan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *