Beberapa tips saat memilih kambing dipasar

Beberapa tips saat memilih kambing di pasar

img by @benjeng.gresikkab.go.id

Beberapa tips saat memilih kambing dipasar – Pada saat hari libur atau hari-hari tertentu pasar hewan selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat, banyak dari mereka yang memang sedang mencari sesuatu untuk dibeli atau hanya cuma melihat-lihat harga pasaran hewan saja, baca juga artikel tentang jenis kelinci satin. Nah salah satu hewan yang banyak dilihat dipasar adalah kambing karena memang hewan banyak dicari untuk berbagai kebutuhan, seperti pada saat Idul Adha atau Hari Raya Qurban pasti para penjual kambing semakin menjamur karena memang sedang banyak yang mencarinya. Jika memang kalian sedang ingin mencari kambing di pasar pastinya kalian harus memperhatikan kriteria tertentu agar kambing yang akan dibeli tersebut sesuai dengan keinginan dan tidak akan menyesal dikemudian hari, lalu apa saja kriteria yang harus dilihat saat memilih kambing? untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tips memilih kambing dipasar.

Seperti yang sudah saya utarakan diatas bahwa pada saat memilih kambing dipasar itu harus memenuhi kriteria yang ada sebab sebagian orang yang awam dalam memilih kambing akan sembarangan dalam memilihnya, padahal kambing tersebut belum tentu baik secara kasat mata dan itu kadang dijadikan kesempatan oleh oknum-oknum tertentu untuk mengelabuhi para calon pembeli. Bila kalian sudah mengetahui kriteria kambing yang baik pasti kalian juga tidak akan kena tipu, lagi pula bila bisa memilih sendiri pasti akan sesuai dengan keinginan masing-masing, lalu apakah yang harus diperhatikan saat memilihnya? berikut ini tipsnya.

Beberapa tips saat memilih kambing dipasar

  1. Periksalah telinganya, apakah normal ataukah ada yang cacat.
  2. Periksalah kepalanya, apa ada bekas luka atau cacat.
  3. Periksalah matanya, kambing yang sehat pasti matanya terlihat segar dan tidak layu.
  4. Periksalah tanduknya apa ada bekas luka atau patah.
  5. Periksalah giginya, bila giginya sudah poel 1 atau copot satu maka umur kambing tersebut sudah sekitar 18 bulan.
  6. Periksalah bagian tubuhnya apakah terdapat kutu atau borok.
  7. Periksalah bulunya, pastikan bulunya bersih, tidak kusam, serta tidak rontok.
  8. Periksalah semua kakinya, pastikan tidak ada yang cacat atau pincang.
  9. Perikslah putingnya bagi kambing betina, pastikan tidak ada yang cacat.
  10. Periksalah saluran pembuangannya atau anus, pastikan tidak ada yang cacat serta terlihat normal.
  11. Dan yang terakhir ini adalah dengan mencoba melepasnya, amatilah gerak dan ekspresi kambing tersebut saat berjalan, bila terlihat normal maka kambing tersebut dalam keadaan baik.

Demikianlah informasi tentang memilih kambing dipasar, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua walaupun mungkin tipsnya kurang lengkap, sekian dari saya dan saya ucapkan terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *